Universitas Trisakti Bidik Profesional Perminyakan Di Riau

id universitas trisakti, bidik profesional, perminyakan di riau

Universitas Trisakti Bidik Profesional Perminyakan Di Riau

Pekanbaru (ANTARARIAU News) - Universitas Trisakti, Jakarta, saat ini membidik sejumlah tenaga profesional perminyakan di Provinsi Riau, untuk melakukan studi pada program strata dua dengan tenaga pengajar ahli di bidangnya.

"Kami sengaja membidik target para profesional perminyakan di Riau agar mereka menempuh pendidikan di Jakarta dengan program S-2," kata Andry Prima, dosen tetap Universitas Trisaksi ditemui di Pekanbaru, Riau, Minggu.

Andry Prima mengatakan, masalah tersebut disela Expo Universitas Islam Riau (UIR) di kampus kawasan Marpoyan, Pekanbaru, dalam acara itu digelar pameran dan Seminar Nasional diantaranya menghadirkan Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Widjajono Partowidagdo.

Namun acara tersebut merupakan kerjasama Fakultas Teknik Jurusan Perminyakan UIR dengan Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak Dan Gas Bumi (BP Migas) Daerah Kerja (DK) Riau.

Menurut dia, bahwa pameran itu bertujuan untuk memperkenalkan Universitas Trisaksi kepada publik di Riau, khususnya program magister teknik perminyakan pada Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi.

Dosen bidang studi Kimia dan Hidro Karbon itu mengatakan pada banyak perusahaan perminyakan telah memberlakukan kompetensi terhadap sumber daya manusia maka para karyawannya diharuskan untuk menempuh pendidikan perminyakan.

Para alumus program S-2 perminyakan pada kampus di kawasan Grogol, Jakarta Barat itu telah banyak melahirkan tenaga handal perminyakan terutama yang bekerja pada perusahaan besar di Timur Tengah, Qatar, Dubai serta Iran.

Walau begitu, diharapkan setelah mereka menempuh pendidikan perminyakan menjadi profesional handal dan mampu bersaing dengan perusahaan perminyakan lainnya dengan kelas dunia.

Selain itu, katanya, mahasiswa teknik perminyakan diharapkan memiliki kemampuan untuk mengusahakan produksi minyak dan gas bumi dari bawah permukaan bumi secara ekonomis.

Bahkan mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan yang cukup di bidang perencanaan dan pelaksanaan pengeboran, perencanaan sistem produksi, menilai potensi dan kemampuan reservoir, serta mengembangkan teknik baru untuk meningkatkan produksi.

Andry menambahkan, diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan untuk mengusahakan pemanfaatan dan pengolahan gas bumi dan panas bumi serta mengusahakan peningkatan lapangan.

Meski demikian, sejumlah peminatan studi yang ditawarkan Universitas Trisaksi yakni teknik resevoir, teknik produksi, teknik pemboran, peningkatan perolehan minyak, gas bumi, penilaian formasi dan panas bumi.