Forkopimda dan parpol Riau deklarasi Pilkada damai

id Deklarasi,Pilkada damai, bawaslu riau, deklarasi damai

Forkopimda dan parpol Riau deklarasi Pilkada damai

Deklarasi  damai dihadiri Asisten I Pemprov Riau Jenri Salmon Ginting, AP. MSi, mewakili Gubernur Riau, Ketua KPU Riau Ilham M. Yasir, SH,. LLM, Ketua Bawaslu Riau Rusdi Rusdan, S.Ag,. M.Pd.i, Wakil DPRD Provinsi Riau Hardianto, SE.berlangsung di Ballroom Hotel Grand Central Pekanbaru, Rabu (2/12), (Humas)

Pekanbaru (ANTARA) - Bawaslu, KPU, Polda dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda)serta partai politik di Riau menggelar deklarasi bersama Rabu, guna mewujudkan pelaksanaan Pilkada damai dan kondusif di tengah pandemi COVID-19.

Ketua KPU dan Bawaslu Riau menyampaikan penghargaan ucapan terimakasih kepada Kapolda Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi yang telah menggagas acara deklarasi Pilkada damai.

"Terus terang Pak Kapolda, kami KPU dan Bawaslu selaku penyelenggara Pilkada belum tentu bisa mengumpulkan 16 parpol yang notabene adalah peserta Pilkada, yang Insha Allah digelar serentak di 9 kabupaten/kota se Riau," kata Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir.

Deklarasi itu dihadiri Asisten I Pemprov Riau Jenri Salmon Ginting mewakili Gubernur Riau, Ketua KPU Riau Ilham M. Yasir, Ketua Bawaslu Riau Rusdi Rusdan, dan Wakil DPRD Provinsi Riau Hardianto.

Diakui Ketua KPU Riau, perhelatan akbar pesta demokrasi disembilankabupaten/kota tinggal menghitung hari. Sebanyak 34 pasangan calon yang akan maju menjadi Kepala Daerah dan telah didukung oleh beberapa partai politik.

"Kita berharap, tahap demi tahap pelaksanaan Pilkada serentak ini nantinya dapat berlangsung aman, damai dan kondusif," kata dia.

Hal senada juga disampaikan Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan, apa yang diinisiasi Kapolda Riau hari ini merupakan sebuah terobosan yang sangat luar biasa. Terutama langkah Kapolda Riau membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pemburu Pelaku Money Politic.

"Tindakan ini merupakan satu -satunya langkah di seluruh Indonesia. Dengan melakukan patroli politik uang (money politics) yang diselenggarakan oleh Polres, Polsek, Bawaslu dan perangkat desa, guna mencegah kecurangan sehingga nanti akan menghasilkan Pilkada yang berkualitas," kata Rusidi.

Sementara Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi mengatakan, kegiatan ini bertujuan menyukseskan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 yang aman, damai dan kondusif.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada partai politik peserta Pilkada di 9 kabupaten dan kota di Riau yang hadir hari ini. Tentunya dalam pelaksanaan Pilkada ini peran tokoh politik sangat diperlukan dalam mencarikan suasana yang kondusif," kata Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi.

Usai sambutan itu, masing - masing perwakilan parpol peserta Pilkada serentak 2020 membacakan deklarasi yang intinya, pasangan calon siap untuk menang dan siap untuk kalah serta tidak akan melakukan praktek politik uang.

Baca juga: Kepala Desa di Rengat divonis empat bulan kurungan ikut deklarasi peserta Pilkada

Baca juga: Deklarasi tolak politik uang di Siak, Bawaslu ingatkan sanksinya pidana