Menteri LHK resmikan KBD dan serahkan bantuan bibit di Riau

id Siti nurbaya, menteri lhk

Menteri LHK resmikan KBD dan serahkan bantuan bibit di Riau

Kelompok tani menerima bantuan dari KLHK.(ANTARA/HO-Pemprov Riau)

Kampar (ANTARA) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyerahkan Kebun Bibit Desa (KBD)sebanyak 37 unit pada tahun 2020 ini dengan jumlah bibit sebanyak 1.480.000 batang di Riau dan Sumatera Barat.

Menteri LHK,Siti Nurbaya salah satunya menyerahkan KBD di Desa Muktisari, Kabupaten Kampar. KBS diserahkan kepada Kelompok Tani Hutan Sendang Berkah Aryasatya melalui fasilitasi UPT Ditjen PDASHL Kementerian LHK.

"KBD di Desa Muktisari ini diharapkan dapat berkembang menjadi unit pembibitan mandiri yang mampu mensuplai kebutuhan bibit bagi masyarakat maupun mendukung program Rehabilitasi Hutan dan Lahan," kata Menteri Siti di Kampar, Jumat.

Menteri Siti juga menyerahkan bantuan berupa truk pengangkut sampah sebanyak empat unit dan sepeda motor 25 unit. Itu akan didistribusikan kepada Pemerintah Kabupaten Kampar, Indragiri Hulu, Kuantan Singingi, Polda Riau, Korem 031 Wira Bima, Banser NU Riau dan DAOPS Manggala Agni, serta bantuan Pengembangan Perhutanan Sosial Nasional (Bang Pesona) kepada 12 Kelompok Masyarakat.

"Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi peningkatan kualitas lingkungan hidup dan kesejahteraan masyarakat. Saya mengajak kita semua untuk senantiasa menjaga dan melestarikan lingkungan, dan tetap bersemangat membangun hutan agar lestari demi kesejahteraan masyarakat,'' ujar Menteri Siti.

Sementara itu Gubernur Riau, Syamsuar mengucapkan terimakasih atas dukungan dari KLHK untuk perbaikan lingkungan sekaligus pemulihan ekonomi di masa sulit pandemi bagi masyarakat Provinsi Riau. Hal senada juga disampaikan Bupati Kampar Catur Sugeng.

KBD Muktisari memiliki 40 ribu batang bibit dengan 16 macam jenis tanaman. Bibit-bibit KBD akan didistribusikan dan ditanam di seluruh wilayah Desa Muktisari dan sekitarnya yang perlu direhabilitasi atau dihijaukan kembali.

Jenis bibit di KBD Muktisari diantaranya Petai, Matoa, Pinang, Mahoni, Cempedak, Manggis, Gaharu, Tampui, Durian, Aren, Nyamplung, dan Ketapang Kencana.