65 rumah warga di Ciamis, Jawa Barat rusak akibat gempa Pangandaran

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,gempa bumi

65 rumah warga di Ciamis, Jawa Barat rusak akibat gempa Pangandaran

umah warga di Dusun Kertaharja, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, rusak akibat gempa yang terjadi di wilayah Pangandaran pada Minggu (25/10/2020). (ANTARA FOTO/ADENG BUSTOMI.)

Ciamis (ANTARA) - Gempa dengan magnitudo 5,6 yang terjadi di wilayah Pangandaran, Jawa Barat, Minggu (25/10), getarannya sampai ke wilayah Kabupaten Ciamis dan menyebabkan kerusakan 65 rumah warga di kabupaten tersebut menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Menurut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Ciamis Memet Hikmat di Ciamis, Senin, gempa Pangandaran menyebabkan kerusakan rumah warga di sepuluh wilayah kecamatan.

Baca juga: Sebanyak 17 kali gempa bumi guncang wilayah Sumbar dalam sepekan terakhir

BPBD Ciamis mendata kerusakan rumah dengan kategori ringan sampai berat di Kecamatan Lakbok, Banjarsari, Purwadadi, Pamarican, Ciamis, Tambaksari, Sadananya, Cimaragas, Banjaranyar, dan Baregbeg.

Kerusakan rumah paling banyak terjadi di Kecamatan Pamarican (38 rumah) disusul Purwadadi (12 rumah).

Memet mengatakan, menurut laporan awal ada 13 rumah yang rusak akibat gempa dan jumlahnya bertambah menjadi 65 setelah tim BPBD melakukan penelusuran lanjutan untuk mendata bangunan yang rusak akibat gempa Minggu (25/10) pagi.

"Sampai sekarang petugas masih di lapangan, mudah-mudahan tak bertambah," katanya.

BPBD Ciamis sudah menyalurkan bantuan kepada warga yang mengungsi karena rumahnya rusak maupun bertahan di rumah yang rusak akibat gempa.

Baca juga: Mukomuko kembali diguncang gempa 5,3

Baca juga: Gempa bumi dengan magnitudo 5,2 terjadi di pantai barat Meulaboh Aceh


Pewarta: Feri Purnama