Sambangi PTPN V, Alfedri minta perusahaan benar-benar terapkan protokol kesehatan

id Bupati. Siak. PTPN V. COVID-19.

Sambangi PTPN V, Alfedri minta perusahaan benar-benar terapkan protokol kesehatan

Bupati Siak (peci hitam) ketika sosialisasi protokol kesehatan di PTP N V Sei Buatan (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

SIAK, (ANTARA) - Bupati Siak Alfedri melakukan sosialisasi protokol kesehatan COVID-19 di PT Perkebunan Nusantara V Sei Buatan dan meminta perusahaan memperhatikan perlindungan kepada pekerja pada setiap kegiatan usaha.

"Tidak ada kata lain memang harus bersungguh-sungguh disiplin yang dilakukan secara terus menerus kepada seluruh masyarakat. Tidak bisa pemerintah, satuan tugas kabupaten, TNI-Polri untuk menanganinya, tapi kita harus bersama-sama," kata Alfedri, Rabu.

Hal itu dikatakannya mengingat saat ini angka pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Siak mengalami peningkatan. Sehingga Rumah Sakit Umum Daerah Tengku Rafian sebagai RS rujukan dan Asrama Haji penuh.

Di hadapan ratusan karyawan, Alfedri menyampaikan PTP Nusantara V diharapkan mampu menjadi pelopor di lingkungan perusahaan. Makanya, ia mengimbau kepada pimpinan perusahaan agar menegaskan kepada karyawannya bekerja menerapkan protokol kesehatan.

Hal itu meliputi pengecekan suhu badan secara berkala sebelum memasuki tempat kerja, cuci tangan pakai sabun atau menggunakan hand sanitizer. "Bagaimana kita mengobati dan penanganannya tidak di rumah sakit karena saat ini rumah sakit, asrama haji kita sudah penuh," ujarnya lagi.

Manajer Kebun PTP N V PKS Sei Buatan, Muhamad Rizqi menyampaikan, pihaknya sudah penerapan protokol kesehatan di tempat kerja secara ketat. Itu meliputi pengecekan suhu badan secara berkala selain itu bagi karyawan yang keluar daerah dikenakan tes cepat.

"Dibilang kejam, cukup kejam pak, itu terpaksa kami lakukan. Untuk karyawan dibolehkan keluar provinsi, tapi diwajibkan tes cepat. Sebenarnya kita menghindari berpergian keluar provinsi apalagi dari zona merah. Kita tidak mau COVID-19 ini sampai ke tempat kita," ungkapnya.

Sebagai wujud kepedulian perusahaan terhadap wabah, karyawan menyerahkan bantuan 1000 masker kepada Gugus Tugas Kecamatan Dayun. Pada kesempatan itu Manajer PT Petragas TGI Antonio juga menyerahkan bantuan paket meubelair program CSR kepada kepala sekolah SD 015 Sawit Permai Kecamatan Dayun, disaksikan Bupati Siak Alfedri.