Asdep Intelijen Pertahanan puji pengelolaan sabut kelapa dan budidaya vanili Kodim 0314/Inhil

id Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal,Asisten Deputi Intelijen Pertahanan Marsma TNI Drs Andy M Taufik,Dandim 0314/Inhil, kodim 0314/inhil,berita

Asdep Intelijen Pertahanan puji pengelolaan sabut kelapa dan budidaya vanili Kodim 0314/Inhil

Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal saat mendampingi Asisten Deputi Intelijen Pertahanan Marsma TNI Drs Andy M Taufik M Def Stud. (ANTARA/Kodim 0314/Inhil)

Indragiri Hilir (ANTARA) - Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan HAM (Kemenko Polhukam) Republik Indonesia melalui Asisten Deputi Intelijen Pertahanan Marsma TNI Drs Andy M Taufik M Def Stud puji Pilot Project Pengelolaan Sabut Kelapa dan Budidaya Tanaman Vanili Kodim 0314/Inhil yang dinilai mampu mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Pengolahan ini juga merupakan salah satu solusi juga untuk mencegah Karhutla, karena sabut kelapa yang biasa dibakar masyarakat kini dapat lebih dialihfungsikan menjadi berbagai macam produk yang bermanfaat seperti tali, serat yang tebal menjadi sapu, jok mobil, tali, membuat kasur, pot media vanili dan lain sebagainya di Makodim 0314/Inhil ini," kata Asisten Deputi Intelijen Pertahanan Marsma TNI Drs Andy M Taufik M Def Stud saat meninjau wilayah Makodim 0314/Inhil.

Selain itu, Andy mengatakan bahwa vanili mempunyai nilai ekonomis tinggikarena vanili tidak ada di Inhil serta tumbuhnya di lahan pasir dan tanah .

"Dengan adanya vanili ini, Dandim 0314/Inhil bisa menginformasikan kepada masyarakat bahwa vanili punya nilai jual yang mahal. Mudah-mudahan masyarakat bisa meniru ikut budidaya vanili sehingga sabut-sabut kelapa menjadi limbah yang bahan untuk terbakar bisa kita manfaatkan untuk budidaya vanili. Dan mudah-mudahan lima tahun ke depan Inhil sebagai penghasil vanili terbesar," tukasnya.

Sementara itu, Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal menuturkan, Kodim 0314/Inhil mewakili Forkopimda kabupaten Inhil merasa terhormat karena mendapat kunjungan dari Kemenko Polhukam karena dari sekian banyak daerah, Kemenko Polhukam berkunjung dan memilih Inhil untuk melihat permasalahan langsung di lapangan.

"Mudah-mudahan dengan kedatangan tim Kemenko Polhukam ini dapat membawa solusi, memberi solusi dan kemajuan untuk kabupaten Indragiri Hilir, khususnya mengenai penyampaian terkait pencegahan Karhutla, penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi," tutur Dandim 0314/Inhil.