Pengangguran Di Dumai 4.600 jiwa

id pengangguran di, dumai 4600 jiwa

Dumai, Riau, (ANTARARIAU News) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Dumai merilis angka pengangguran di kota pelabuhan ini hingga November 2011 mencapai 4.600 jiwa.

Menurut Kadis Nakertrans Dumai Samsul Bahri, Kamis, jumlah pengangguran ini diperoleh dari angka pencari kerja (Pencaker) yang melakukan pengurusan Kartu Kuning di Kantor Disnakertrans setempat.

"Ribuan pencari kerja ini rata-rata berada di usia produktif," kata Samsul dan menambahkan bahwa masih banyaknya masyarakat pengangguran di Kota Dumai itu akibat semakin pesatnya perkembangan pembangunan daerah dan kebutuhan perusahaan terhadap tenaga terampil.

Pihaknya telah melakukan upaya menekan angka pengangguran ini dengan berbagai program pemberdayaan masyarakat. Salah satunya dengan menggalakkan program pelatihan ketrampilan di pusat Balai Latihan Kerja (BLK) milik Pemkot Dumai, katanya.

"Pelatihan keterampilan selalu kami gelar di gedung balai latihan kerja Kota Dumai. Seperti pelatihan teknik las dan teknik perbengkelan pendinginan AC maupun kulkas," katanya.

Ia melanjutkan, program berbagai pelatihan itu diselaraskan dengan program pengentasan kemiskinan yang direncanakan Pemko Dumai bersama instansi terkait lain.

Program pelatihan yang dilaksanakan pihaknya tidak berjalan mulus karena seringkali mengalami kendala pendanaan yang masih minim. Sebab, dengan ketersediaan dana yang cukup dan mendukung kegiatan akan memotivasi peserta pelatihan.

Ia menambahkan, upaya lain yang penting dilakukan selain pelatihan ialah merubah pemahaman masyarakat tentang pekerjaan dengan tidak pilih-pilih kerja dan berharap masuk ke sektor informal, karena daya serap kerja di sektor informal ini sangat terbatas di kisaran 30 persen dengan peminat yang cukup besar.

"Pelatihan yang kami gelar masih kurang peminat karena minimnya pendanaan dukungan untuk peserta. Kexdepannya akan diperbaiki. Kemudian pemahaman pencari kerja yang menganggap bekerja layak hanya di perusahaan atau instansi pemerintah," ungkapnya.