31 pasien positif COVID-19 di Siak sudah sembuh, 24 masih dirawat

id Siak, siak corona, corona siak, covid-19 siak, covid siak, kabupaten siak, rumah sakit siak

31 pasien positif COVID-19 di Siak sudah sembuh, 24 masih dirawat

Sekretaris Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Siak Budhi Yuwono. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Sebanyak 31 pasien positif COVID-19 di Kabupaten Siak dinyatakan sudah sembuh dari total 56 orang yang sudah terpapar virus ini sejak awal Maret 2020 lalu dan menyisakan 24 yang masih dirawat di dua rumah sakit.

"Informasi per Jumat (31/7) di Kabupaten Siak tidak ada penambahan kasus positif COVID-19.Total positif 56 konfirmasi, 24 dirawat, 31 sehat dan satu orang meninggal dunia," kata Sekretaris Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Siak Budhi Yuwono di Siak, Sabtu.

Terakhir, ada penambahan tujuh pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh pada Jumat kemarin.Tn. I (34) yang dirawat di RS Eka Hospital Pekanbaru dan sisanya yang dirawat di RS Umum daerah Tengku Rafian Siak yakniTn. RC (21), Ny. D (35), Ny. DA (45), An. DAP (11), Ny. DNS (57), dan Ny. Z (43).

Sementara itu pasien konfirmasi positif yang dirawat tersebar di RS Eka Hospital Pekanbaru lima orang dan RSUD Tengku Rafian Siak 19 orang. Ada juga pasien dalam pengawasan yang masih dirawat berjumlah satu pasien di RSUD.

Selain itu, masih ada 261 sampel lagi menunggu hasil tes usap (swab) dari laboratorium di Pekanbaru. Semuanya tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Siak terutama yang kontak erat dengan positif.

Untuk sekian kalinya, Pemkab Siak kembali mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar untuk tetap tenang dan tingkatkan kewaspadaan.

Lakukan pembatasan fisik, walaupun tidak sakit, belum tentu orang yang ditemui negatif COVID-19 dan tidak menyebarkan virusnya.

"Maka pilihan yang terbaik adalah tetap di rumah dan hindari keramaian. Bila harus keluar, gunakan masker. Rutin mencuci tangan, lebih efektif mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dibandingkan hand sanitizer," ujarnya.

Pihaknya juga mengimbau untuk memberi dukungan untuk pasien positif, PDP, Orang Dalam Pengawasan, dan tenaga medis. Hindari untuk berstigma negatif terhadap mereka.

Baca juga: Jumlah hewan kurban di Siak 1.924 ekor, turun dibanding tahun lalu

Baca juga: 19 pasien COVID-19 di Siak sembuh, 35 masih dirawat


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar