Gubernur Riau izinkan Shalat Idul Adha berjamaah di masjid, begini penjelasannya

id covid riau,idul adha,gubernur riau,Berita riau antara,Berita riau terbaru

Gubernur Riau izinkan Shalat Idul Adha berjamaah di masjid, begini penjelasannya

Gubernur Riau Syamsuar (tengah) memberikan keterangan pers tentang pelaksanaan shalat Ied Idul Adha di Kota Pekanbaru, Kamis (30/7/2020). (ANTARA/HO-Diskominfotik Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Gubernur Riau Syamsuar menyatakan umat muslim di daerah tersebut boleh melaksanakan Shalat Idul Adha 1441 Hijriah, namun disarankan hanya di masjid dan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

“Kami sudah sampaikan ke Kepala Kanwil Agama Provinsi Riau dan seluruh bupati juga wali kota dan majelis ulama, bahwa hari raya tahun ini dilaksanakan di masjid karena ini mudah untuk dikontrol jamaahnya,” kata Syamsuar pada pernyataan pers di Pekanbaru, Kamis.

Hari Raya Idul Adha akan berlangsung pada Jumat (31/7) di tengah kondisi kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Riau yang mengalami lonjakan. Hingga Kamis siang, jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Riau mencapai 415 orang.

Syamsuar berharap masyarakat bisa menerapkan protokol kesehatan saat pelaksanaan ibadah Shalat Id Jumat besok. Pelaksanaan shalat di masjid dinilai lebih aman ketimbang di lapangan terbuka karena jumlah jamaah bisa diatur.

“Masjid tidak boleh terlalu penuh, harus mengukur suhu badan, jaga jarak di dalam masjid dan gunakan masker,” katanya.

Sedangkan untuk pembagian daging kurban, ia mengatakan juga tak boleh abaikan protokol kesehatan dan wajib pakai masker. “Jaga jarak dalam bagikan daging, dan hindari hal-hal yang tak kita harapkan, kerumunan jangan begitu ramai, karena dikhawatirkan terjadi penularan COVID-19 dari orang tanpa gejala,” katanya.

Syamsuar mengatakan akan melaksanakan shalat Ied di Masjid Raya An Nur, Pekanbaru. Setelah pelaksanaan shalat Ied, ia akan menyerahkan sapi kurban bantuan Presiden Joko Widodo dan sapi kurban gubernur ke pengurus Masjid An Nur.

“Insya Allah saya besok shalat di Masjid An Nur, dan saya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan, menggunakan masker, jaga jarak, bawa sejadah sendiri,” kata Syamsuar.

Baca juga: KPU maksimalkan sosialisasi Pilkada 2020 lewat medsos sikapi COVID-19

Baca juga: Pfizer telah tetapkan harga vaksin COVID-19 untuk AS dan negara maju lainnya