Pengrajin Perak Dituntut Kreatif

id pengrajin perak, dituntut kreatif

Pengrajin Perak Dituntut Kreatif

Kendari (ANTARARIAU News) - Pengrajin perak harus lebih kreatif dan inovatif mengembangkan motif hasil karya kerajinan untuk meningkatkan daya saing di pasar lokal dan nasional.

"Dan yang paling utama lagi, bisa menambah daya tarik atau minat para pembeli kerajinan itu," kata Wali Kota Kendari, Asrun.

Ia mengatakan, saat ini persaingan kerajinan perak cukup ketat sehingga pengrajin perak harus kreatif dan inovatif menciptakan rancangan produk.

Menurut Asrun, desain sangat penting dalam mengembangkan usaha kerajinan perak karena akan menjadi manifestasi kreatifitas, merupakan sumberdaya yang fital serta memiliki nilai ekonomi tinggi.

"Kami meminta pengrajin perak dan pelaku usaha kecil menengah yang cepat berpuas diri dengan apa yang sudah dicapai saat ini tetapi masih perlu mengembangkan kreasi dan motif," katanya.

Pemerintah Kota Kendari, kata Asrun, juga tidak akan tinggal diam dalam upaya menigkatkan kreatifitas dan motif kerajinan perak yang ada di daerah ini.

"Kita juga tetap akan berusaha agar kerajinan perak yang sudah lama dikenal ini tetap lestari dengan tingkat kreatifitas yang tinggi," katanya.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah, kata Asrun, adalah memberikan pelatihan kepada pengrajin dengan mendatangkan pelatih instruktur dari daerah lain.