Belajar tatap muka di Rokan Hilir tunggu kesiapan sekolah

id COVID-19,rohil, sekolah rohil

Belajar tatap muka di Rokan Hilir tunggu kesiapan sekolah

Rapat persiapan belajar tatap muka tahun ajaran 2020/2021 di Gedung Pertemuan H Misran Rais, Bagansiapiapi, Selasa (14/7/2020). (ANTARA/Dedi)

Rokan Hilir (ANTARA) - Pemerintah daerah Kabupaten Rokan Hilir masih menunggu kesiapan sekolah untuk memulai kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di tengah pandemi COVID-19 meskipun kabupaten di pesisir Riau itu masih berstatus zona hijau.

Wakil Bupati Rokan Hilir Jamiludin usai memimpin rapat persiapan belajar tatap muka tahun ajaran 2020/2021 di Gedung Pertemuan H Misran Rais di Bagansiapiapi, Selasa (14/7) mengatakan untuk membuat keputusan sekolah dibuka kembali tentu pemerintah daerah mengacu pada empat Menteri yakni Menteri Agama, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri.

"Dengan acuan itulah kita memberikan arahan kepada seluruh camat dan korwil yang berada di Kabupaten Rokan Hilir. Kemudian kesepakatan itu diambil bersama-sama. Hasil kesepakatan itu direncanakan bulan September 2020," kata Jamiludin.

Menjelang September nanti, ia mengharapkan sekolah menyiapkan fasilitas yang namanya untuk menangani COVID-19, tentu mengacu kepada protokol kesehatan.

"Kita juga mengimbau kepada seluruh sekolah harus ekstra hati-hati dalam menggunakan dana bantuan operasional sekolah (BOS)," ujar Jamiludin.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rokan Hilir M Nurhidayat mengatakan, Kabupaten Rokan Hilir yang saat ini masih zona hijau diperbolehkan barangkali untuk belajar tatap muka. Tetapi boleh tidaknya tergantung juga dari pemerintah daerah yang mengizinkan, tentunya dengan melihat beberapa kriteria yang diatur dalam keputusan empat Menteri.

Diantaranya kesiapan dari sekolah itu menerapkan protokol kesehatan, kemudian rekomendasi dari orangtua anaknya ingin belajar, selanjutnya ada surat tertulis pernyataan dari sekolah bahwa mereka menyatakan siap belajar tatap muka dengan menerapkan protokol COVID-19.

"Jadi intinya rapat ini menentukan kesiapan dari sekolah. Kesimpulannya pemerintah daerah masih mengasi kesempatan kepada sekolah disamping nanti juga tim kesehatan dari gugus tugas penanganan COVID-19 Rokan Hilir akan turun juga ke sekolah-sekolah, guna memastikan sekolah-sekolah yang sudah dinyatakan siap belajar tatap muka," kata M Nurhidayat.

Baca juga: Pj Sekda Rokan Hilir imbau masyarakat tetap gunakan masker

Baca juga: Shalat Idul Adha di Rokan Hilir dengan protokol kesehatan


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar