MTQ Siak diagendakan kembali pada Desember 2020

id MTQ Siak, Siak, berita siak, MTQ COVID, PEmkab Siak

MTQ Siak diagendakan kembali pada Desember 2020

Pj Sekda Siak, Jamaluddin saat memimpin rapat pelaksanaan MTQ di Kecamatan Kandis. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

SIAK, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Siak mengagendakan lagi Kegiatan Musabaqah Tilawah Al-Quran X Tingkat Kabupaten Siak Tahun 2020 pada Desember mendatang di Kecamatan Kandis setelah ditunda karena COVID-19.

"Setelah memasuki era kenormalan baru, fase lanjutan nantinya diperbolehkan menyelenggarakan kegiatan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Maka MTQ ke-10 Kabupaten Siak akan dilaksanakan dengan ketentuan memperhatikan protokol kesehatan," kata Penjabat Sekretaris Daerah Pemkab Siak, Jamaluddin, Selasa.

Keputusan itu setelah melalui diskusi panjang bersama pimpinan Organisasi Perangkat Daerah dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Siak. Berdasarkan masukan dan pertimbangan maka MTQ akan dilaksanakan pada 21-24 Desember 2020 di Kecamatan Kandis dengan format acara seminimal mungkin.

Misalnya, kata dia, tenda yang dipasang sesederhana mungkin dan susunan kursi tamu dan undangan diberi jarak minimal satu meter sesuai protokol kesehatan. Beberapa item rangkaian kegiatan juga akan ditiadakan sebagai upaya mentaati protokol kesehatan.

"Kegiatan pawai taaruf dan saung bazar dalam MTQ tahun ini ditiadakan, kemudian pelaksanaan pertandingan cabang-cabang tilawah akan dilaksanakan pada siang hari, untuk memudahkan pemantauan kehadiran masyarakat yang menyaksikan,” jelasnya.

Selain itu,para kafilah dan ofisial pendamping, akan mengikuti rapid test terlebih dahulu sebelum kegiatan dimulai.

Hal itu dikatakan Jamaluddin usai rapat koordinasi bersama Forkompimda dan instansi vertikal untuk membahas teknis pelaksanaan MTQ ke-10 Kabupaten Siak dalam situasi era kenormalan baru. Rapat bertempat di Siak Sri Indrapura Meeting Room Lantai I Kantor Bupati Siak.

"Rapat ini merupakan tindak lanjut dari rapat sebelumnya yang dilaksanakan pada Bulan Maret yang lalu. Dimana penetapan pelaksanaan MTQ Tingkat Kabupaten Siak ke-10 telah ditetapkan pelaksanaannya di Kecamatan Kandis,” terangnya. (Adv)

Baca juga: MTQ di Kandis Siak juga ditunda karena Corona

Baca juga: Pemkab Siak Sediakan Delapan Ahli Pijat Tunanetra Selama MTQ