Bupati Bengkalis buka MTQ tingkat Kecamatan Siak KEcil

id pemkab,bengkalis,bupati,kecamatan,siak kecil,mtq

Bupati Bengkalis buka MTQ tingkat Kecamatan Siak KEcil

Bupati Bengkalis Kasmarni membuka MTQ tingkat Kecamatan Siak Kecil ke-17 ditandai dengan pemukulan beduk. (ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Bupati Bengkalis Kasmarni membuka Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-17 Tingkat Kecamatan Siak Kecil, Rabu (7/9) malam yang dihadiri ribuan masyarakat yang antusias menyaksikan pembukaan oleh orang nomor satu di Kabupaten Bengkalis.

Kasmarni dalam sambutannya mengajak semua lapisan masyarakat, untuk lebih serius dan berkomitmen dalam mencetak generasi berkarakter Qur’an, dengan membangun generasi berkarakter Qurani adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh umat Islam, karena Al Qur’an merupakan pedoman hidup serta landasan moral.

"Mencetak generasi berkarakter Qurani tidak akan selesai dengan MTQ ini saja, tetapi diperlukan peran dan komitmen semua pihak, tanpa adanya komitmen dan sinergi yang kuat, serta langkah cepat dan tepat maka helat MTQ malam ini akan sia-sia," ucapnya.

Sementara itu Camat Siak Kecil, Syahnan Ady Kusuma mengatakan bahwa pelaksanaan MTQ tersebut merupakan agenda tahunan yang bukan hanya merupakan syiar keagamaan, tapi ada makna yang lebih komprehensif terkandung di dalamnya, yakni tentang nilai-nilai manfaat dan kemaslahatan umat.

Maka itu ia berharap supaya MTQ tersebut tidak hanya disikapi sebagai sebuah seremonial semata, namun mampu memberikan kontribusi dan menjadi momentum strategis yang mewarnai pelaksanaan pembangunan karakter masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan nilai-nilai Qur’an

“Melalui MTQ ini, mari kita bangun masyarakat Kecamatan Siak Kecil menjadi masyarakat yang berakhlakmulia dengan saling hormat menghormati dan saling menghargai sehingga jalinan silaturahmi antar umat seagama dan beragama akan semakin erat,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Syahnan juga menjelaskan bahwa Pemerintah Kecamatan Siak Kecil terus berupaya memfasilitasi dan melakukan pembinaan terhadap qori dan qoriah serta peserta yang akan tampil pada MTQ kali ini.

Sebelum mengikuti rangkaian acara pembukaan, Bupati Kasmarni terlebih dahulu meninjau stand bazar. Pembukaan ditandai dengan pemukulan beduk oleh Bupati Kasmarni.