IDI Rohil gelar seminar umum "Tantangan Hidup New Normal di Era Pandemi 19"

id Idi,IDI rohil, idi rokan hilir

IDI Rohil gelar seminar umum "Tantangan Hidup New Normal di Era Pandemi 19"

Bupati Rohil Suyatno saat menyampaikan sambutan pada seminar umum yang dilaksanakan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Rohil di Gedung Pertemuan H Misran Rais, Bagansiapiapi, Kamis (18/6/2020). (ANTARA/Dedi Dahmudi)

Rokan Hilir (ANTARA) - Ikatan Dokter Indonesia Cabang Rokan Hilir (Rohil) mengadakan seminar umum dengan tema "Tantangan Hidup New Normal di Era Pandemi 19" yang dilaksanakan di Gedung Pertemuan H Misran Rais di Bagansiapiapi, Kamis (18/6).

Bupati Rohil Suyatno usai menghadiri kegiatan seminar mengatakan bahwa sampai saat ini Kabupaten Rohil masih zona hijau di Provinsi Riau. Dia berharap semua komponen masyarakat harus bekerjasama, dengan harapan tetap bertahan di zona hijau ini.

"Bagaimana upaya-upaya kita? Tentu kalau keluar rumah itu pakai masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun. Ikuti protokol kesehatan. Ya mudah-mudahan Rohil tetap bertahan di zona hijau," ujar Suyatno.

Bupati pun memberikan apresiasi kepada para dokter, tenaga medis yang ada di Kabupaten Rohil yang siang dan malam melayani masyarakat.

"Kita juga mengerti, apalagi di tengah COVID-19 ini di lapangan kita tahu itu banyak sekali hal-hal yang mungkin dirasakan kurang enaklah. Tetapi saya katakan kita jangan mundur, kita tetap terus berjuang, bagaimana Rohil ini bisa bertahan di zona hijau ini," kata Suyatno.

Sementara Ketua IDI Cabang Rohil Suratmin menyampaikan bahwa seperti diketahui tiga bulan sebelum ini pengawasan atau controlling dan kemudian semua protokol-protokol telah diikuti untuk menghindari terjadinya penularan COVID-19, terutama di Rohil.

"Jadi, tiga bulan telah kita lewati dan sekarang ini kita masuk fase baru. Fase baru ini sebetulnya adalah fase yang harus mengadaptasi dari yang kemarin, supaya perilaku-perilaku kita yang kemarin itu bisa kita kerjakan sekarang ini," kata Suratmin.

"Intinya adalah untuk pencegahan COVID-19 itu ada tiga langkah aja. Yang pertama itu rajin-rajin mencuci tangan, yang kedua selalu pakai masker kemanapun berada, kemudian yang ketiga itu jaga jarak," tambahnya.

Baca juga: Bingung pangkas rambut takut tertular virus Corona? Begini solusinya dari IDI

Baca juga: IDI-ACT Riau berbagi sajian buka puasa untuk pekerja informal