Pemkab Siak Vidcon sosialisasi aplikasi Mata Bansos COVID-19

id Bansos. COVID-19. Siak. Riau.

Pemkab Siak Vidcon sosialisasi aplikasi Mata Bansos COVID-19

Pj Sekda Siak, Jamaluddin mengikuti Vidcon Sosialisasi Mata Bansos bersama Sekda Riau, Yan Prana Jaya. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Siak, Jamaluddin mengikuti Video Conference Sosialisasi Aplikasi Monitoring Data Bantuan Sosial (Mata Bansos) COVID-19 yang dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Riau Yan Prana Jaya.

Pj Siak Jamaluddin menjelaskan Aplikasi Mata Bansos tersebut sebelumnya telah diluncurkan Oleh Gubernur Riau Syamsuar penggunaannya pada 4 Juni yang lalu. Ia juga menyebutkan untuk hari ini dilakukan sosialisasi ke kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau tentang pelaksanaan Mata Bansos tersebut.

"Pak Sekda Provinsi Riau tadi telah menyampaikan agar pemerintah Kabupaten kota untuk berkomitmen dalam melaksanakan Mata Bansos sehingga bisa terlaksana dengan baik dan sesuai dengan harapan yang di inginkan," kata Jamal.

Dalam sambutannya Sekda Riau Yan Prana Jaya menjelaskan Mata Bansos merupakan sebuah aplikasi untuk mempermudah pemerintah, kejaksaan, serta pihak kepolisian. Hadir juga dalam sosialisasi itu KepalaPerwakilan Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi Riau, Farid Firman.

Dikatakannya dalam hal ini BPKP Riau lah yang memantau penyaluran bansos selama COVID-19 ini. Selain itu,Yan Prana Jaya juga menyebutkan dengan adanya aplikasi Mata Bansos diharapkan agar penyaluran bantun sosial bisa diberikan dengan tepat sasaran.

Selain juga agar data penerima Bansos COVID-19 tidak terjadi ganda. Makanya diharapkan pemerintah kabupaten/kota juga ikut mensosialisasikan aplikasi Mata Bansos kepada jajarannya.

"Saya juga berharap agar penerimaan bantun tersebut harus sesuai kriteria dan tidak menerima bantuan lainnya agar seluruh masyarakat dapat menikmati bantuan sesuai dengan pendataan," harap Yan Prana Jaya. (adv)