Bupati Siak akan bangun kembali rumah nenek Sarinah yang ludes terbakar

id nenek sarinah, sarinah, rumah nenek sarinah, siak, bupati siak

Bupati Siak akan bangun kembali rumah nenek Sarinah yang ludes terbakar

Bupati Siak ketika berada di depan rumah Nenek Sarinah yang terbakar. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Rumah nenek Sarinah (88) yang tinggal seorang diri di Kampung Teluk Merempan, Kecamatan Mempura, yang ludes terbakar Kamis (11/6) lalu dijanjikan akan dibangun kembali oleh Bupati Siak, Alfedri.

"Ibu sabar ya, Insya Allah rumah ibu akan kita bangun kembali, melalui Badan Amil Zakat Siak. Surat-surat atau dokumen berharga yang terbakar nanti akan dibantu dibuat lagi oleh dinas terkait," kata Alfedri kepada Nenek Sarinah, Jumat.

Rumah Nek Sarinah terbakar pada Kamis petang (11/6) pukul 16.30 WIB sehingga harus mengalami kerugian belasan juta rupiah. Bagian rumah banyak terbakar yang mengakibatkan dinding rumah retak dan harus dibongkar untuk dibangun kembali.

Bupati Siak Alfedri yang menemui langsung Nenek Sarinah menyampaikan duka atas musibah kebakaran tersebut.

Bantuan dari Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah itu disalurkan oleh Bupati Siak, Alfedri berupa sembako, kasur, pakaian, peralatan dapur serta uang tunai.

"Kami turut prihatin atas musibah yang menimpa Ibu Sarinah, dan mudah-mudahan bantuan yang diberikan ini bisa bermanfaat," ujar Alfedri.

Orang nomor satu di Negeri Istana itu sempat masuk ke dalam rumah yang seluruhnya hangus, dan tembok rumah pun sudah retak. Ia pun meminta Asisten I Sekretariat Daerah untuk menelepon Ketua Baznas Siak untuk membantu Nek Sarinah.

Salah seorang warga Teluk Merempan, Darlis yang berdomisili tidak jauh dari Nek Sarinah mengatakan, penyebabkebakaran tersebut dari obat nyamuk bakar yang terkena jatuhan kain. Api pun membesar sehingga asap hitampun kelihatan dari luar.

Untung saja keponakannya yang tinggal di sebelah rumah melihat asap yang mengepul bercampur api dari dalam rumah. Keponakannya itu kemudian cepat menolong Nenek Sarinah.

Baca juga: Korban kebakaran di Inhil dapat bantuan

Baca juga: Enam kios sembako di Inhil ludes terbakar