Pemkab Siak, Tanoto Foundation dan Kemendikbud bahas persiapan normal baru pendidikan

id tanoto foundation, siak, pemkab sioak, normal baru

Pemkab Siak, Tanoto Foundation dan Kemendikbud bahas persiapan normal baru pendidikan

Vidcon antara 21 kabupaten/kota mitra Tanoto Foundation bersama Kemendikbud. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Siak bersama 20 daerah lain mitra Tanoto Foundation mengikuti Video Confrence bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membahas persiapan Pendidikan di era normal baru di masa COVID-19 ini.

Bupati Siak Alfedri menyampaikan melalui rapat daring bersama ini, pihaknya dapat mengetahui arah kebijakan dan target Kementerian Pendidikan. Selain juga menjaga dan meningkatkan kualitas pembelajaran dalam menghadapi kondisi normal baru.

"Kita mengikuti rapat daring bersama,tentu banyak inovasi-inovasi pendidikan yang dikembangkan sebagai mitra Tanoto yang bisa menjadi referensi kita dalam menerapkan pendidikan di masa new normal nanti," kata Alfedri.

Rapat diikuti juga pemangku kepentingan mitra program PINTAR Tanoto Foundation yang dihadiri CEO-nya. Dari Kemendikbud ada Direktur Jendral Guru dan Tenaga Pendidikan serta para bupati.

Lanjutnya, dengan adanya wabah Corona ini, sangat dibutuhkan pola pembelajaran yang efektif bagi siswa sekolah. Ia mengharapkan peran Tanoto Fondation dalam merespon melalui program PINTAR yang sudah berjalan di Kabupaten Siak.

"Kita harapkan setelah ditetapkan normal baru pendidikan oleh pemerintah, aktifitas sekolah kembali seperti semula. Namun tidak longgar, harus pakai masker, jaga jarak dan tidak sering berkumpul. Saya juga minta pemberlakuan normal baru pendidikan ini ada inovasi baru yang bisa digunakan bagi para pelajar serta peningkatan kualitas guru, kepala sekolah dan pengawas melalui program PINTAR yang sudah berjalan," ungkapnya

Pada kesempatan itu Alfedri juga mengimbau kepada guru dan orang tua agar anak gemar membaca buku, mengulang pelajaran. Ia juga tertarik dari paparan yang di sampaikan sejumlah narasumber yang menginspirasi.

Seperti inovasi dibuat Pemerintah Kabupaten Kendal di musim pandemi dengan adanya aplikasi e-pengawas, peningkatan kapasitas internet dan rapat antar guru melalui Virtual. Sementara pihaknya menyampaikan beberapa waktu lalu Siak juga telah meluncurkan channel Youtube "Disdikbud Siak Bedelau" kerjasama Tanoto Foundation membantu anak-anak sekolah belajar di rumah. (Adv)

Baca juga: Erza, Kartini Pekanbaru yang membuat belajar dari rumah lebih bermakna

Baca juga: 30 ton APD bantuan Tanoto Foundation tiba di Jakarta