Bantuan Pemprov Riau diterima, Pemkab Siak salurkan kepada 16.800 KK

id pemkab siak, siak,bantuan sia, covid-19 siak,bupati siak

Bantuan Pemprov Riau diterima, Pemkab Siak salurkan kepada 16.800 KK

Pj Sekda Siak menyaksikan penyerahan bantuan dari Pemprov Riau ke Kabupaten Siak. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Siak, Jamaluddin menyaksikan acara penyerahanbantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi Riau dalam rangka penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) kepada pemerintah kabupaten dan kota di provinsi ini secara virtual.

Penjabat Sekretaris daerah Kabupaten Siak Jamaluddin usai acara mengatakan Pemprov Riau menyaluarkan bantuan keuangan bagi enam kabupaten/kota se Riau, termasuk Siak. Bantuan itu diserahkan langsung oleh Gubernur Riau, Syamsuar dan diterima oleh Perwakilan dari Pemkab Siak, Camat Minas, Hendra.

"Alhamdulillah, hari ini kita menerima bantuan keuangan dan logistik dari Pemerintah Provinsi Riau.Secara umum tadi disampaikan ada 1.591 desa se provinsi Riau akan menerima bantuan, yang besaran bantuannya per desa Rp100 juta, termasuk kelurahan dan kecamatan masing-masing menerima Rp 100 juta," kata Jamal, Rabu.

Untuk bantuan sosial jaringan pengamanan sosial top up akan disalurkan kepada 212.893 kepala keluarga se Provinsi Riau. Sementara untuk Kabupaten Siak sesuai yang diusulkan ke pemerintah provinsi ada 16.800 kepala keluarga menerima bantuan.

Sesuai petunjuk masing-masing per kepala keluarga menerima Rp300 ribu selama tiga bulan, mulai dari bulan Mei-Juli.Bantuan yang disalurkan pemerintah Provinsi Riau itu, terdiri dari bantuan Keuangan khusus Desa, Kelurahan, Kecamatan dan Jaringan Pengaman Sosial serta logistik berupa (alat kesehatan, rapid test, masker, ekstra puding dan vitamin).

"Yang baru saja mobil bantuannya dilepas oleh Gubernur Riau Syamsuar, di halaman Kantor Gubernur Riau ke masing-masing daerah penerima bantuan," ujarnya.

Lanjutnya, dari perintah yang disampaikan Gubernur Riau Syamsuar, bantuan yang sudah diserahkan ini secepatnya disalurkan. Berhubung ini dana pemerintah, penyalurannya harus mengikuti peraturan yang ada, pihaknya juga sudah meminta Juknis dan Pergub sebagai petunjuk dan dasar penyaluran bantuan.

"Pak Gubernur tadi meminta kepada kita bantuan yang sudah diterima kepada masing-masing kabupaten kota, secepatnya disalurkan, mengingat Lebaran tinggal menghitung hari sehingga bantuan tersebut dapat dimanfaatkan warga. Hari ini juga pak Bupati memimpin rapat dengan OPD terkait untuk membahas teknias penyaluran BLT ini, secepatnya diserahkan kepada masyarakat yang berhak menerima," terangnya. (adv)

Baca juga: Sejumlah bantuan telah disalurkan di Kotogasib Siak, dari Pemprov Riau belum

Baca juga: Vicon dengan KPK, Pemkab Siak sampaikan bantuan provinsi masih tahap pencarian