Palembang Anggarkan Rp 200 Miliar Perbaikan Sekolah

id palembang anggarkan, rp 200, miliar perbaikan sekolah

Palembang, (ANTARARIAU News) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan mengusulkan anggaran perbaikan gedung SMA dan SMK secara bertahap, pada 2012 dan 2013, sebesar Rp200 miliar.

"Upaya untuk menyediakan fasilitas pendidikan yang berkualitas menjadi komitmen Pemkot Palembang, sehingga ditargetkan dua tahun ke depan perbaikan dan pembangunan kelas baru akan diselesaikan," kata Wali Kota Palembang Eddy Santana Putra, di Palembang, Jumat (23/9).

Ia mengatakan, dana perbaikan sekolah itu akan diusulkan pada APBD 2012 dan 2013, dengan alokasi dana setiap tahun mencapai Rp100 miliar.

Perbaikan dan pembangunan gedung sekolah tersebut diharapkan mampu mendorong peningkatan kualitas pendidikan di daerah itu.

Ia mengharapkan, sisa dua tahun masa kepemimpinan sebagai wali kota setempat tidak ada pekerjaan rumah yang tertunda seperti peningkatan kualitas gedung dan fasilitas sekolah.

"Kegiatan belajar mengajar akan bagus dengan ketersediaan gedung dan fasilitas yang mendukung," ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Palembang, Riza Fahlevi, menjelaskan, sebanyak delapan SMA dan SMK berstatus negeri di daerah itu akan diperbaiki.

Selain itu, menurutnya, dibangun gedung baru terutama sekolah yang bangunannya sudah berumur tua seperti SMA Negeri I, SMAN 3, dan SMAN 10, serta SMK Negeri 1.

Sebagian bangunan sekolah tersebut, katanya, telah berusia lebih dari 30 tahun, sehingga sangat membutuhkan perbaikan dan penambahan gedung baru.

Ia mengatakan, pembangunan gedung sekolah juga menjadi program untuk menambah daya tampung penerimaan siswa baru, mengingat sebagian sekolah itu juga telah berstandar nasional bahkan rintisan internasional sehingga banyak peminatnya.

"Setiap sekolah akan dialokasikan dana sebesar Rp25 miliar untuk perbaikan dan pembangunan gedung pada tahun jamak," pungkas Riza Pahlevi. (*)