PLN Pekanbaru Targetkan 25.000 Pelanggan Listrik Prabayar

id pln pekanbaru, targetkan 25000, pelanggan listrik prabayar

Pekanbaru, 14/8 (ANTARA) - PT Perusahaan Listrik Negara Cabang Pekanbaru menargetkan sebanyak 25.000 pelanggan layanan listrik prabayar di Kota Pekanbaru pada tahun 2011.

"PLN meluncurkan layanan listrik prabayar di Riau dan Kepri 4 April lalu. Dan tahun ini kita targetkan pelanggan listrik prabayar di Pekanbaru mencapai 25.000 pelanggan," kata Manajer PLN Pekanbaru Ilham Santoso, di Pekanbaru, Minggu.

Dia mengatakan, layanan itu baru pertama kali ini dilakukan di wilayah Sumatera, dan Riau adalah salah satu dari tiga provinsi yang ditetapkan PLN menjadi sebagai lokasi layanan itu bersama Lampung dan Bangka Belitung.

Ia menjelaskan, jumlah target pelanggan listrik prabayar di Pekanbaru merupakan yang paling besar dari target PLN di Riau dan Kepulauan Riau yang mencapai 50.000 sambungan.

Menurut dia, hingga semester I jumlah realisasi program listrik prabayar di Pekanbaru mencapai 4.000 sambungan. Ia mengatakan terdapat sedikit kendala dalam implementasi program tersebut karena masalah material.

"Ada hambatan di material kabel yang harus ditender ulang," ujarnya.

Meski begitu, ia mengaku tetap yakin target program listrik prabayar pada tahun ini akan terlampaui.

Program listrik prabayar memungkinkan pembayaran rekening seperti menggunakan layanan pulsa elektrik di telepon seluler.

Pelanggan PLN yang menggunakan program prabayar dapat membeli pulsa listrik mulai harga Rp20.000 hingga Rp1.000.000.

Menurut dia, hitungan pulsa dikenakan berdasarkan jumlah daya listrik yang dikonsumsi.

"Untuk biaya pemasangan layanan prabayar tak ada bedanya dengan pemasangan yang biasa," ujarnya.