Bupati Pelalawan apreasiasi keterlibatan perusahaan melawan COVID-19

id Riau, Rapp,PT RAPP, Pelalawan

Bupati Pelalawan apreasiasi keterlibatan perusahaan melawan COVID-19

Bantuan alat kebersihan tersebut diserahkan RAPP kepada tempat-tempat umum, seperti Posyandu, Rumah Ibadah, dan Fasilitas umum lainnya. (ANTARA/HO-RAPP)

Pekanbaru (ANTARA) - Indonesia melawan Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19. Seluruh pihak melakukan upaya terbaik demi menekan dan memutus penyebaran pandemi yang menyerang ratusan negara dunia, termasuk Tanah Air itu. Kita semua bergandengan tangan terlibat menghadapi rintangan, dengan satu tujuan, terbebas dari virus yang mematikan.

Setiap orang bisa berperan, mulai tetap berada di rumah dan menjauhi keramaian hingga aparat TNI Polri, petugas kesehatan serta dunia usaha dan relawan di seluruh pelosok Nusantara.

Semangat melawan Corona juga berlangsung di Kabupaten Pelalawan, Riau. Meski kabupaten yang bertetangga dengan Pekanbaru itu masih relatif aman, namun pemerintah tak jumawa dan bertindak cepat.

Bupati Pelalawan HM Harris baru-baru ini meminta agar seluruh pihak bersatu padu melawan pandemi tersebut. Hal itu disampaikan Harris kala meninjau sejumlah lokasi pelayanan kesehatan di Pangkalan Kerinci, Selasa (24/3).

Bupati melihat langsung upaya penanganan virus corona atau COVID-19 di masyarakat sekaligus meminta dukungan semua pihak untuk ikut andil dalam pencegahan virus tersebut.

"Kita minta seluruh masyarakat, agar benar-benar memperhatikan lingkungan, kebersihan rumah tangga, dan jangan sungkan meminta siapapun yang akan memasuki rumah untuk mencuci tangan terlebih dahulu," katanya.

Dikesempatan itu, Harris juga mengapreasiasi bantuan bantuan pencegahan penyebaran Covid-19 PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) kepada masyarakat di Polinkel (Posyandu) Arbes Bahagia, Pangkalan Kerinci.

Harris mengatakan bahwa langkah PT RAPP (APRIL Group) yang ikut serta membantu pemerintah dalam mempersiapkan sejumlah alat pelindung diri (APD) kepada masyarakat langkah yang sangat baik dalam membantu memberangus COVID-19.

Untuk itu, Harris juga menghimbau pihak lain seperti dunia usaha untuk membantu pemerintah mengatasi kekurangan APD dan alat pembersih lainnya.

"Kami berterima kasih kepada RAPP atas dukungannya dan kepada masyarakat agar memperhatikan kesehatan diri, keluarga, dan tamu di rumah dengan cara selalu memakai masker, tidak bersentuhan (social distancing)serta tidak bersin di dekat orang lain," tutur dia didampingi Sekda Pelalawan Tengku Mukhlis dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan Asril.

Sejumlah bantuan yang diberikan RAPP antara lain berupa alat pembersih tangan hand sanitizer, sabun, pembersih lantai, kain pembersih, poster dan spanduk sosialisasi. Bantuan alat kebersihan tersebut diserahkan RAPP kepada tempat-tempat umum, seperti Posyandu, Rumah Ibadah, dan Fasilitas umum lainnya. Bantuan itu disalurkan ke 100 rumah ibadah, 50 posyandu, dan 15 fasilitas umum.

Sepekan sebelumnya, Harris juga meninjau ruang pemeriksaan suhu tubuh (thermal scanner) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP). Harris di kesempatan itu mengimbau seluruh masyarakat agar waspada serta terbuka memeriksakan kesehatannya tanpa terkecuali.

"Jangan merasa malu, sungkan, atau tidak perlu diperiksa, karena siapapun kita tanpa terkecuali harus waspada dan rutin memeriksa serta menjaga kesehatan," ujarnya.

Terkait peningkatan status Covid-19, manajemen RAPP mengimbau seluruh karyawan, keluarga, dan mitra kerja (kontraktor maupun vendor) agar lebih waspada terhadap penyebaran COVID-19. Hal ini sejalan dengan Surat Edaran dari Gubernur Riau dan Bupati Pelalawan menindaklanjuti penetapan status darurat nasional bencana non-alam oleh Pemerintah Indonesia dan peningkatan status Covid-19 menjadi Pandemi Global oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) baru-baru ini.

"Kita menghimbau kepada karyawan agar tidak melakukan perjalanan dinas baik domestik maupun internasional, membiasakan perilaku hidup bersih sehat, membatasi kegiatan melibatkan orang banyak, dan menghindari kontak fisik dengan orang lain," ujar Direktur RAPP, Mhd Ali Shabri.

Di awal kemunculan COVID-19, perusahaan produsen kertas merk PaperOne ini telah mengambil inisiatif pencegahan penyebaran virus corona.

Langkah tersebut antara lain mengharuskan siapa saja yang datang dari luar negeri untuk mengisi formulir deklarasi kesehatan, memeriksakan kondisi suhu tubuh, melakukan sosialisasi dengan memasang poster, spanduk, dan saluran informasi lainnya, menyediakan alat pembersih tangan di lokasi kerja, dan menyediakan klinik khusus lengkap denganthermal scanner.

"Sebagai antisipasi, kita mewajibkan siapapun harus melewati ruang khusus thermal scanner terlebih dahulu sebelum memasuki kompleks perusahaan. Kebijakan ini berlaku bagi karyawan, keluarga, dan mitra kerja perusahaan, sejak tanggal 17 hingga 31 Maret 2020," tuturnya.

Baca juga: Bupati Pelalawan Tinjau Fasilitas Umum Cegah Covid-19

Baca juga: Bupati apresiasi langkah PT RAPP antisipasi COVID-19


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar