Pemkab Bengkalis siapkan ruang isolasi antisipasi penyebaran virus corona

id pemkab bengkalis,wabah corona,virus corona,berita riau antara,berita riau terbaru

Pemkab Bengkalis siapkan ruang isolasi antisipasi penyebaran virus corona

Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis Bustami HY melakukan peninjauan di RSUD Bengkalis dalam rangka melihat kesiapan rumah sakit tersebut apabila nanti ditemukan pasien yang terjangkit virus corona. (Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis. Riau. sudah menyiapkan ruang isolasi di RSUD setempat sebagai upaya antisipasi apabila ditemukan pasien suspek corona.

“Tadi kita sudah cek ruangan isolasi, seperti tabung oksigen, tempat tidur, exhaustfan serta alat-alat medis lainnya sudah disiapkan. Ini kita lakukan sebagai langkah antisipasi apabila ada masyarakat yang terjangkit virus corona," ujar Sekda Bengkalis Bustami HY saat meninjau di RSUD Bengkalis, Rabu (29/01).

Sekda juga meminta Dinas Kesehatan Bengkalis untuk meningkatkan koordinasi dengan puskesmas untuk mendeteksi dini penyakit tersebut.

"Seandainya ada pasien di Kabupaten Bengkalis yang terdampak penyakit itu bisa segera ditangani," katanya lagi.

Langkah lain juga telah diambil dengan melakukan koordinasi dengan aejumlah pihak, termasuk melakukan pemantauan terhadap pekerja asing yang ada di kabupaten Bengkalis.

"Berdasarkan informasi dari Kantor Imigrasi Bengkalis, saat ini jumlah tenaga asing dari Tiongkok yang bekerja di Kabupaten Bengkaljs sebanyak 10 orang, 6 orang berada di Kecamatan Pinggir dan 4 orang bekerja di Kecamatan Mandau," kata Sekda.

Wakil Direktur RSUD Bengkalis Rita Puspa menjelaskan bahwa RSUD Bengkalis bersama Dinas Teknis lainnya terus bergerak untuk memberikan sosialisasi dan melaksanakan langkah-langkah antisipasi.

“Kita akan mensosialisasikan dan memberikan informasikan ke masyarakat agar tidak resah. Kami juga mengimbau masyarakat, untuk tetap menjaga perilaku hidup bersih dan sehat, sebab virus ini gejala umumnya seperti flu biasa,” jelas Rita.

Baca juga: Warga Sulsel di China laporkan saat ini masih dalam kondisi aman

Baca juga: Enam mahasiswa Riau berada di Wuhan China dalam kondisi sehat, begini penjelasannya