BPBD Pekanbaru simulasi pamadaman Karhutla ke anak SD

id Bpbd,BPBD Pekanbaru, KArhutla, karhutla riau, karhutla pekanbaru

BPBD Pekanbaru simulasi pamadaman Karhutla ke anak SD

Sejumlah siswa, guru, SD Negeri 112 Pekanbaru, dimako Jalan Handayani simulasi Karlahut yang diselenggarakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru. (ANTARA/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru melakukan sosialisasi dan simulasi penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kepada siswa SD setempat guna penanggulangan dini.

"Sosialisasi dan penyuluhan ini tidak hanya pencegahan, kita juga mempraktikkan bagaimana cara memadamkan api," kata Kepala Pelaksanaan (Kalaksa) BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra S.STP MSi di Pekanbaru, Jumat.

Zarman Candra mengatakan, tujuannya simulasi ini untuk sosialisasi dan menghimbau anak-anak lebih dini mengenal dan menjaga alam.

"Anak-anak kita ajak menjaga alam, menyayanginya dengan cara tidak membakar hutan dan lahan, tidak membuang sampah sembarangan baik di drainase dan sungai, sehingga kita terhindar dari bencana kabut asap dan banjir," katanya.

Dia juga mengatakan penanaman edukasi sejak dini kepada anak-anak dan orang tua serta guru yang hadir selaku masyarakat kota Pekanbaru khususnya, juga diharapkan

bisa menjadi pesan berantai yang akan tersampaikan ke lingkungan masing-masing.

Kali ini siswa SD yang mendapat simulasi adalah SD Negeri 112 Pekanbaru, diJalan Handayani. Ke depan akan ada SD lain yang dikunjungi untuk simulasi pemadaman.

Kegiatan yang diadakan oleh BPBD ini dengan tema "Belajar Pengenalan Dini Kesiapsiagaan Bencana" yang dibimbing langsung oleh Kepala Pelaksanaan BPBDKota Pekanbaru Zarman Candra S.STP MSi didampingi jajaran Kabid dan Staf serta diikuti oleh Diki Irawan SPd.I dan Ari Andani SPd.I selaku guru pembimbing.

Dalam pemaparannya, Kalaksa Zarman menyampaikan , kegiatan kunjungan ini agar siswa-siswa dapat lebih mengenal upaya dalam kesiapsiagaan Bencana .

Dalam kegiatan ini juga ditampilkan demo cara memadamkan api. Tidak hanya itu siswa dan guru turut andil dalam mempraktekkan memadam api.

"Kita berharap dengan sosialisasi ini, baik guru maupun siswa tidak hanya mendapatkan informasi tetapi juga memberikan informasi ke keluarga atau masyarakat," kata Zarman.

Lebih jauh disampaikannya, dalam acara itu ada penyampaian materi tentang mengenal api, sumber terjadinya api, penanggulangan dan pencegahan terjadinya bahaya kebakaran. Lalu ada juga praktek di lapangan oleh Tim satgas BPBD Kota Pekanbaru.

Baca juga: Antisipasi Karhutla, Polsek Bangko gelar FGD di Labuhan Tangga Besar

Baca juga: PTPN V dukung polisi tindak tegas pegawainya di kasus karhutla Riau


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar