Persiapan Proliga di Pekanbaru sudah 90 persen, begini penjelasannya

id Proliga 2020,Bola voli,Pbvsi riau,Bhayangkara samator,Berita riau antara,Berita riau terbaru

Persiapan Proliga di Pekanbaru sudah 90 persen, begini penjelasannya

Logo Proliga 2020. ANTARA/HO/PP PBVSI

Pekanbaru (ANTARA) - Ketua Pengurus Provinsi PBVSI Riau, Burhanuddin Hussein mengungkapkan persiapan putaran pertama Proliga 2020 di Kota Pekanbaru sudah mencapai 90 persen.

"Tinggal penataan lapangan H-2 dan H-1 untuk ujicoba lapangan," kata Burhanuddin di Pekanbaru, Jumat.

Pekanbaru menjadi daerah pembuka kompetisi bola voli tertinggi Tanah Air, Proliga 2020. Putaran pertama berlangsung dari 24 sampai 26 Januari 2020.

Kompetisi itu diikuti enam tim putra, dan lima tim putri. Burhanuddin mengatakan Proliga 2020 akan dibuka langsung oleh Ketua PP PBVSI Komjen Pol (Purn) Imam Sujarwo pada Jumat 24 Januari di Gelanggang Remaja, Pekanbaru.

Pekanbaru menjadi kota pertama dari delapan kota yang menggelar Proliga 2020. Ini keempat kalianya Pekanbaru menjadi penyelenggara setelah 2012, 2014, dan 2019.

Dia menganggap Proliga di kota ini menjadi inspirasi Pengprov PBVSO Riau untuk melahirkan klub profesional di daerah Bumi Lancang Kuning itu.

"Ke depan Riau bukan lagi hanya sebagai penonton tapi memiliki klub. Voli ini olahraga rakyat," kata dia seraya menyebut Proliga 2020 adalah ujian perdana pengurus PBVSI Riau periode 2019-2024.

Enam tim kategori putra yang akan berkompetisi pada Proliga 2020 adalah Jakarta Pertamina Energi, Jakarta BNI 46, Surabaya Bhayangkara Samator, Bank Sumsel Babel, Jakarta Garuda hingga pendatang baru, Lamongan Sadang MHS.

Tuan rumah Bhayangkara Samator memilih lokasi penyelenggaraan di Pekanbaru.

Sedangkan lima tim putri adalah juara bertahan Jakarta PGN Popsivo Polwan, Jakarta Pertamina Energi, Jakarta BNI 46, Bandung bjb Tandamata, Gresik Petrokimia Puslatda KONP Jatim.

Baca juga: Begini persiapan PBVSI Riau untuk putaran pertama Proliga 2020

Baca juga: Proliga 2020 akan dibuka di Kota Pekanbaru, ini deretan timnya