Tribun Pekanbaru Rayakan Ultah Ke-4

id tribun pekanbaru, rayakan ultah ke-4

Pekanbaru, 11/4 (ANTARA) - Surat kabar lokal Grup Kompas Gramedia, Tribun Pekanbaru, merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-4 bersama wartawan media nasional di Kantor Berita ANTARA Biro Riau, Jalan Sumatra, Pekanbaru, Senin.

Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Riau, Evy Ratnawati Syamsir, dalam acara sederhana yang ditandai dengan pemotongan kue bolu dilapisi coklat itu berharap Tribun Pekanbaru bisa terus menjadi media independen sebagai penyeimbang informasi koran lokal di Riau.

Dalam kesempatan itu, rombongan karyawan Tribun Pekanbaru dipimpin oleh Manajer Redaksi, Chandra Dani, serta Koordinator Liputan, Rinal Sagita, serta sejumlah wartawan media cetak dan elektronik yang menjadikan ANTARA Biro Riau sebagai tempat tongkrongan dan diskusi.

Menurut Evy, Tribun Pekanbaru telah menjadi mitra setia sejak hadir di Riau empat tahun silam atau sejak tanggal 18 April 2007 telah menjadi salah satu media terdepan di antara surat kabar lokal yang lebih dulu terbit.

Kota Pekanbaru dewasa ini sedikitnya memiliki belasan surat kabar baik yang bersifat harian atau mingguan, kemudian puluhan radio siaran swasta, serta tiga stasiun televisi swasta lokal yang mengudara setiap hari dan dinilai memiliki tanggung jawab yang sama dalam mengawal proses demokrasi lewat pilkada.

Tahun 2011 terdapat sembilan daerah yang menggelar pilkada, namun empat daerah di antaranya telah selesai melaksanakan pesta demokrasi rakyat itu dengan lancar dan aman, dan tiga daerah sedang dalam proses penghitungan suara.

"Kami berharap di antara puluhan media itu, Tribun bisa mengambil peran dengan terus terus menjaga independensinya apalagi saat pilkada berlangsung di tiga daerah. Lewat independensi itu, diharapkan pilkada yang digelar membawa dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah," katanya.

Koordinator Liputan Tribun Pekanbaru, Rinal Sagita, dalam kesempatan terpisah berharap Kantor Berita ANTARA bisa terus memperbaharui informasi khususnya terhadap suatu peristiwa yang menjadi isu nasional.

Tribun Pekanbaru yang kini memiliki oplah sekitar 45.000 eksemplar per hari menyatakan peran penting kantor berita Indonesia itu dalam menyajikan informasi wilayah regional yang memiliki unsur kedekatan dengan masyarakat di Riau.

"Kami berharap Tribun dan ANTARA di Riau bisa terus bersinergi dalam menyajikan informasi yang diberikan kepada masyarakat sesuai dengan fungsi media masing-masing dan kaedah yang terkandung dalam dunia jurnalistik," katanya.

***3***