Lahan Semak Belukar Di Kota Dumai Terbakar

id lahan semak, belukar di, kota dumai terbakar

Dumai, 31/3 (ANTARA) - Lahan semak belukar yang berada tepat di belakang Markas Kepolisian Sektor Medang Kampai, Kota Dumai, Riau, Kamis siang, terbakar dan menyebabkan wilayah sekitar terselimuti kabut asap tebal.

"Saat ini masih terus dilakukan upaya pemadaman di lahan dekat Kantor Posek Medang Kampai. Jarak antara lahan terbakar dengan kantor polisi sangat dekat," kata Kepala Bidang Kehutanan pada Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan (Distanbunhut) Kota Dumai, Hadiono, kepada ANTARA di Dumai, Kamis.

Agar penanganan optimal, menurut dia, Distanbunhut yang masih kekurangan personel bekerjasama dengan sejumlah pihak terkait lainya, meliputi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), petugas pemerintah kecamatan, dan Manggala Agni serta petugas kepolisian setempat.

"Beberapa unit mobil pemadam kebakaran juga sudah dikerahkan," katanya.

Selain di belakang Markas Polsek, kata Hadiono, kebakaran juga dilaporkan melanda sejumlah lahan tidur dan perkebunan sawit milik warga di wilayah Kecamatan Medang Kampai dan Dumat Barat.

"Untuk dua titik lagi, letak pastinya kita belum tahu, yang jelas hingga siang ini dilaporkan ada tiga titik api," katanya.

Untuk mencari tahu laporan masyarakat, kata Hadiono, pihaknya membentuk tiga tim pemantau lokasi-lokasi rawan kebakaran.

Tim ini kata Hadiono, bergerak dengan mengendarai mobil yang dilengkapi dengan sejumlah alat pemadam seperti pompa air dan lainnya.

"Beberapa anggota lainnya juga ada yang bergerak dengan menggunakan sepeda motor yang nantinya bertugas untuk menelusuri medan-medan sulit lahan terbakar," katanya.

Jika nanti titik api yang ditemukan luas, maka pihaknya menyarankan tim untuk berkoordinasi dengan pihak Satpol PP.

"Sejauh ini belum ada laporan tentang berapa luasan lahan yang terbakar, dan tim masih terus berusaha meminimalisir tiga titik api tersebut," katanya.

Ditanya mengenai kebakaran lahan di Jalan Wan Amir, Kelurahan Bukit Timah, Kecamatan Dumai Barat, yang terjadi sejak Rabu sore (30/3), Hadiono mengaku masih mensiagakan beberapa petugas.

"Penempatan petugas ini untuk memantau kemungkinan bermunculannya api mengingat cuaca masih panas," kata Hadiono.

Kepala Satpol PP Dumai, H Amril, mengatakan, sejauh ini pihaknya juga masih menyiagakan personel pembantu berikut mobil pemadam kebakaran untuk melokalisir kebakaran lahan.

"Beberapa anggota juga sudah turun kelokasi kebakaran di Polsek Medang Kampai dan beberapa lainnya memantau titik kebakaran lainnya," kata Amril.