Ratusan Hektar Semak Belukar Di Dumai Terbakar

id ratusan hektar, semak belukar, di dumai terbakar

Dumai, 30/3 (ANTARA) - Ratusan hektare lahan semak belukar di Jalan Wan Amir, Kelurahan Bukit Timah, Kecamatan Dumai Barat, Kota Dumai, Riau, Rabu malam, hangus terbakar.

Warga yang tinggal tidak jauh dari lokasi kebakaran lahan, Nyoman, mengatakan, kebakaran terjadi sejak Rabu siang, namun cuaca yang terik disertai angin yang bertiup cukup kencang membuat api terus melebar hingga menghanguskan lebih seratus hektare lahan semak belukar milik warga tersebut.

"Kebakaran ini sudah terjadi sejak siang, tapi sekarang mungkin sudah ratusan hektare yang terbakar. Sebagian besar lahan di sini merupakan lahan semak belukar, sebagian juga ada perkebunan sawit milik warga," kata warga berusia 34 tahun itu.

Sementara, warga lainnya, Sofyan, mengatakan, kebakaran di lahan yang sama sudah kerap terjadi saat cuaca panas. "Penyebabnya kita kurang kita tahu," kata dia.

Menanggapi hal itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Dumai, H Amril, mengatakan, pihaknya sudah menerjunkan lima mobil pemadam kebakaran.

"Sekitar 30 anggota Satpol PP juga ukut turun membantu pemadaman," kata dia.

Wartawan ANTARA di lokasi melaporkan kondisi api terus membesar. Sementara empat unit mobil kebakaran datang bersama sejumlah petugas pemadam kebakaran yang langsung mencoba untuk mengatasi kebakaran hebat tersebut.

Di sekitar wilayah lahan terbakar juga terlihat petugas kepolisian berpakaian seragam yang mencoba untuk mengatur laju lalu lintas kendaraan.

Hingga informasi itu dilaporkan sekitar pukul 20.40 WIB, api yang membakar lahan semak belukar dan kebun warga itu terus membesar. Regu pemadam kebakaran juga terus berusaha memadamkan api.