Lahan Semak Belukar Di Perbatasan Dumai Terbakar

id lahan semak, belukar di, perbatasan dumai terbakar

Dumai, 17/2 (ANTARA) - Sedikitnya 20 hektare lahan semak belukar yang berada di wilayah perbatasan antara Kota Dumai dengan Kabupaten Bengkalis, Riau, hangus terbakar hingga mengakibatkan kondisi udara sekitar memburuk.

Kepala Bidang Kehutanan di Dinas Pertamanan Perkebunan dan Kehutanan (Distanbunhut) Kota Dumai, Hadiono, Kamis, kepada ANTARA di Dumai mengatakan, kebakaran yang melanda puluhan hektare lahan semak belukar tersebut terjadi sejak lima hari terakhir.

"Jumlah sementara yang berhasil kami data, yakni ada 20 hektare lahan semak belukar yang terbakar. Lokasinya juga menjurus pada satu titik, yakni di Kelurahan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai, tepatnya berbatasan antara Dumai dengan Bengkalis," kata Hadiono.

Menurut dia, potensi bertambahnya jumlah lahan terbakar di Kelurahan Pelintung sangat besar menimbang hingga saat ini api masih belum berhasil dipadamkan.

"Kesulitan kami untuk memadamkan api disebabkan semak belukar yang berada di lokasi kebakaran sangat tinggi sehingga sulit untuk ditembus para penyelamat hutan baik dari Polisi Kehutanan dan Distanbunhut," kata dia.

Saat ini dilokasi kebakaran, kata Hadiono, di 'standby' kan sekitar sepuluh petugas dari Distanbunhut yang terus melakukan penyelamatan lahan dengan dibantu oleh sejumlah petugas Polisi Kehutanan dan warga setempat serta para pengusaha perkebunan.

"Petugas yang standby juga dilengkapi dengan sejumlah peralatan seperti pompa air yang difungsikan untuk menyemprotkan air ke wilayah yang terbakar. Sumber air yang diambil dalam upaya penyelamatan itu yakni dari kanal yang berada paling dekat dengan lokasi kebakaran," kata dia.

Penelusuran ANTARA, sebelumnya kebakaran juga sempat melanda lahan konsesi PT Chevron Pasific Indonesia yang berada di ujung Jalan Jenderal Sudirman Kota Dumai.

Kebakaran ini kemudian dengan cepat diantisipasi oleh sejumlah petugas baik dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang melengkapi diri dengan mobil pemadam kebakaran dan petugas pemadam kebakaran dari PT Chevron sendiri.