200-an anggota keluarga Jasa Raharja bersihkan sampah plastik

id Berita hari ini, berita riau antara, berita riau terkini, jasa raharja

200-an anggota keluarga Jasa Raharja bersihkan sampah plastik

Dukung imbauan pemerintah eliminasi sampah plastik, keluarga Jasa Raharja cabang Riau gelar jalan kaki sehat menyisir jalan-jalan mulai dari kantor Jasa Raharja, menuju Jalan Pattimura, belok ke Jalan Diponegoro, berlanjut ke Jalan Gajah Mada, Jalan Sudirman dan kembali ke kantor Jasa Raharja Riau, untuk memungut sampah plastik Minggu (29/12). (Foto Frislidia/Antara)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak dua ratusan anggota keluarga PT (Persero) Jasa Raharja Cabang Riau digerakkan turun ke jalan dalam aksi bersih-bersih mengumpulkan sampah plastik yang bertebaran di jalan-jalan dan sekaligus mengajak masyarakat sekitarnya untuk peduli terhadap lingkungan.

"Aksi mengumpulkan aneka sampah plastik dan lainnya itu digelar dalam bentuk kegiatan jalan kaki sehat menyisir jalan-jalan mulai dari kantor Jasa Raharja, menuju Jalan Pattimura, belok ke Jalan Diponegoro, berlanjut ke Jalan Gajah Mada, Jalan Sudirman dan kembali ke kantor Jasa Raharja Riau," kata Kepala PT (Persero) Jasa Raharja Cabang Riau, Herry Kesuma SE, MM, di Pekanbaru, Minggu.

Menurut Herry, aksi mengumpulkan sampah plastik dan sampah lainnya itu dimulai pada hari ini bersama keluarga besar berbarengan dengan melaksanakan jalan sehat sebagai bentuk memaknai HUT BUMN ini yang ke-59, atau tepatnya jatuh pada 1 Januari 2019 itu

Kendati digelar secara sederhana, katanya, namun tidak mengurangi makna kegiatan ini apalagi dengan berjalan kaki mendapatkan tubuh yang sehat, dan dengan melibatkan anggota keluarga, makan diyakini akan mendapatkan keluarga yang kuat dan hebat.

Anggota keluarga PT (Persero) Jasa Raharja Cabang Riau peduli lingkungan beraksi mengumpulkan sampah plastik di Kota Pekanbaru, sebagai upaya mengurangi timbunan sampah plastik itu, yang menjadi bagian dari memaknai HUT BUMN ini ke-59. (Foto Frislidia/Antara)


"Dengan menggalakkan aksi peduli lingkungan antara lain dengan mengumpulkan sampah-sampah di jalan itu kita juga mensosialisasikan penggunaan tumbler nonkemasan plastik sebagai bentuk dukungan Jasa Raharja pada upaya pemerintah mengurangi timbunan sampah plastik di Tanah Air," katanya.

Oleh karena itu, katanya pihaknya senantiasa gencar mensosialisasikan penggunaan tumbler nonpalstik dan nonkemasan plastik serta membagikan gantungan kunci dan bunga sebagai rasa empati.

Dalam aksi tersebut juga dibagikan brosur sebagai bentuk edukasi ke masyarakat bagaimana cara penggunaan Aplikasi JRku sehingga masyarakat dengan mudah mendapatkan informasi apapun tentang Jasa Raharja tentang santunan, persyaratan dan pengajuan santunan, dan masa berlakunya SWDKLJ, masa berlakunya IW atau kendaraan angkutan umum dan lainnya.

Selain jalan sehat, katanya menyebutkan, juga dilakukan kunjungan ke panti Asuhan pada 30 Desember 2019, diprakasai oleh Persatuan Istri-istri karyawan Jasa Raharja, yakni untuk Panti Asuhan Al Hasanah di Jalan Kopkar Raya, dan Panti Asuhan Istiklal Alam Mayang Bukit Barisan, Kota Pekanbaru untuk membagikan paket sembako, uang saku, dan pakaian layak pakai melalui ZIS karyawan Jasa Raharja yang dikumpulkan setiap bulan itu.

Manajemen PT (Persero) Jasa Raharja Cabang Riau membukukan periode 1 Januari - 30 November 2019 penyerahan santunan mencapai Rp52,62 miliar lebih atau mengalami penurunan 6,44 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2018 tercatat Rp56,24 miliar lebih.

Santunan yang diserahkan berupa santunan korban lakalantas untuk meninggal, luka-luka, cacat, biaya penguburan, ambulans, P3K.