Ketika 337 narapidana Lapas Cipinang rayakan Natal

id Narapidana, Lapas Cipinang, perayaan Natal,natal

Ketika 337 narapidana Lapas Cipinang rayakan Natal

Keluarga warga binaan menyaksikan penampilan grup band yang dibawakan tujuh narapidana di Lapas Klas I Cipinang, Jakarta Timur, Rabu (25/12/2019). Kegiatan itu dalam rangka memeriahkan perayaan Natal 2019 yang difasilitasi otoritas terkait. (ANTARA/Andi Firdaus)

Jakarta (ANTARA) - Setidaknya ada334 narapidana dan tahanan dari kaum Nasrani merayakan Natal 2019 bersama keluarga dalam acara yang digelar sederhana di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan Klas I Cipinang, Jakarta Timur, Rabu.

"Kegiatan pembinaan kerohanian diberi kesempatan kepada setiap warga binaan bagi setiap penganut agama, termasuk Kristen," kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Jakarta Andika Dwi Prasetya di Jakarta, Rabu.

Otoritas setempat sengaja mengundang seluruh keluarga warga binaan lapas untuk bersama-sama merasakan kemeriahan Natal bersama sanak keluarga mereka yang mendekam di penjara.

Kegiatan perayaan Natal tersebut diwarnai dengan pemberian remisi khusus Natal kepada 144 narapidana Lapas Klas I Cipinang.

Acara dilanjutkan dengan hiburan musik yang dibawakan oleh tujuh personel grup band dari kalangan warga binaan.

Satu unit panggung berukuran 2x6 meter per segi lengkap dengan gemerlap lampu warna-warni menambah meriah suasana perayaan.

Petugas Lapas Cipinang juga menyediakan makanan ringan bagi keluarga narapidana.

Sejumlah keluarga juga diperkenankan berinteraksi dengan penghuni yang mendekam di penjara untuk melepas rindu.

"Saya bersyukur kepada Tuhan Yesus karena Natal tahun ini saya memperoleh remisi bebas setelah menjalani hukuman penjara selama dua tahun," ungkap mantan narapidana kasus penggelapan Nani Mulyo.

Perempuan 51 tahun itu tampak bahagia berpelukan dengan dua anaknya saat dipertemukan di acara perayaan Natal yang berlokasi di lapangan Lapas Cipinang.

"Selama menjalani masa tahanan, saya diperlakukan secaa baik. Bahkan banyak pembinaan keterampilan yang saya dapat di lapas," katanya.

Rencananya Nani akan menerapkan keterampilan menjahit untuk memulai bisnis konveksi di Jakarta Timur.

Baca juga: Kapolres Dumai: Misa Natal di 57 gereja aman

Baca juga: Pelabuhan BSJ Dumai ramai penumpang libur Nataru, mesin X-ray malah ngadat