Menhut Dukung Rencana Riau Selenggarakan PON Hijau

id menhut dukung, rencana riau, selenggarakan pon hijau

Jakarta, 16/3 (ANTARA) - Menteri Kehutanan (Menhhut), Zulkifli Hasan, mendukung rencana pemerintah daerah Riau menyelenggarakan Pekan olahraga (PON) hijau pada 2012 karena sejalan dengan kebijakan merehabilitasi lingkungan yang rusak. "Kita dukung rencana mereka karena program penghijauan kawasan yang kritis merupakan salah satu prioritas kementerian," kata Menhut ketika menerima Dirut Perum LKBN ANTARA, Ahmad Mukhlis Yusuf, di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, penghijauan dan rehabilitasi merupakan harus menjadi kepedulian berbagai pihak untuk mengurangi pemanasan global dan untuk mencapai pembangunan yang besih.

Karena itu, Zulkifli Hasan menyatakan kesiapannya untuk meresmikan kegiatan penanaman yang akan digelar 22 Maret 2010 di provinsi yang menjadi salah satu pusat pengembangan hutan tanaman industri dan industri pulp dan kertas.

Selain untuk pengembangan ekonomi, kawasan hutan di provinsi itu memang perlu banyak direhabilitasi."

Pada kesempatan itu, Dirut Perum LKBN ANTARA Ahmad Mukhlis Yusuf, menyatakan, pihaknya siap menyukseskan program pemerintah terkait upaya perbaikan lingkungan, di antaranya melalui "ANTARA Menanam" pohon trambesi di Kabupaten Siak, Riau.

Untuk melaksanakan kegiatan penghijauan ini, menurut dia, Perum LKBN ANTARA menggandeng pemerintah daerah dan kalangan swasta.

"Melalui kegiatan ini, ANTARA ingin berperan aktif dalam menggerakkan minat, semangat, dan cinta lingkungan serta mengajak seluruh komponen masyarakat di provinsi Riau untuk melakukan kegiatan penanaman, sehingga daerah ini menjadi lebih asri dan lebih hijau lagi." katanya.

Kegiatan penanaman dan pemeliharaan pohon ini akan dilaksanakan di kanan kiri jalan lintas Siak-Pekanbaru Jalur Kabupaten Buatan sepanjang 25 kilometer yang nantinya akan digunakan untuk kegiatan PON tahun depan.

Selain untuk menghijaukan lahan kritis, kata Mukhlis Yusuf, kegiatan penanaman ini diharapkan juga mampu memberikan dampak ekonomi dalam meningkatkan kesejahtaraan masyarakat.

Selain penanaman, Menhut diharapkan juga melepas kegiatan "fun bike" cinta lingkungan dan pameran foto "View of Siak".