Rangka Atap Stadion Utama PON Roboh

id rangka atap, stadion utama, pon roboh

Pekanbaru, 8/3 (ANTARA) - Rangka baja atap stadion utama (main stadium) yang dijadikan sebagai tempat pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII di Riau tahun 2012 dilaporkan roboh akibat terpaan angin.

Informasi yang dihimpun di lokasi pembangunan stadion utama PON yang berada di lingkungan Universitas Riau, Pekanbaru, Selasa, menyebutkan, robohnya rangka baja atap as 1-10 di bagian sisi timur itu terjadi pada Sabtu, (5/3) malam.

Akibat peristiwa itu, tempat parkir, kemudian pagar proyek pembangunan, serta atap auditorium stadion menjadi rusak tertimpa baja, serta pohon dan tiang listrik di sekitar stadion ikut roboh.

Stadion yang mulai dibangun pada tahun 2009 di lahan seluas 80 ribu hektare itu memiliki kapasitas 43 ribu kursi penonton, dan dijadikan tempat pembukaan serta penutupan pelaksanaan pesta olahraga empat tahunan yang digelar September 2012.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau, Lukman Abbas, selaku penanggung jawab dari pelaksanaan proyek pembangunan stadion utama PON yang didanai dari uang rakyat itu belum bersedia memberikan keterangan kepada pers.

"Bapak masih sibuk dan belum bisa menerima tamu dari luar," ujar staf Lukman Abbas, Novi.

Juru bicara PON XVIII Riau, Charul Riski, pada kesempatan terpisah menyatakan, robohnya rangka baja itu karena pengikat baja belum mengikat seluruh bagian dari rangka atap baja yang roboh tersebut.

Meski demikian, lanjutnya, pihak kontraktor sepenuhnya bertanggung jawab untuk memperbaiki dan mengganti kerusakan serta mengevaluasi jadwal pelaksanaan sehingga tidak berpengaruh bagi penyelesaian fisik bangunan stadion.

"Kontraktor menjamin, peristiwa itu tidak berpengaruh pada jadwal penyelesaian fisik bangunan stadion utama pada 2012 atau sebelum PON digelar," jelas Riski.