PLN Targetkan 172.322 Sambungan Baru Di Riau

id pln targetkan, 172322 sambungan, baru di riau

Pekanbaru, 8/3 (ANTARA) - PT PLN (Persero) menargetkan 172.322 sambungan listrik untuk pelanggan baru pada 2011 di Provinsi Riau.

"Rencana akan mulai penyambungan semuanya mulai bulan April, sambil menunggu material," kata Deputi Manajer Perencanaan Perusahaan PT PLN, Rachmansyah Ariefuddin, pada Musyawaran Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbangda) Pertambangan dan Energi Riau, di Pekanbaru, Selasa.

Menurut dia, rencana penyambungan baru itu diharapkan mampu meningkatkan rasio eletrifikasi atau jumlah penduduk yang mendapatkan layanan listrik. Hingga kini baru sekitar 1,18 juta kepala keluarga menikmati listrik, artinya rasio elektrifikasi di Riau baru sekitar 43 persen.

Jumlah tersebut masih jauh di bawah rata-rata rasio elektrifikasi nasional yang melebihi 60 persen.

"Kami menargetkan rasio elektrifikasi pada tahun 2011 bisa mencapai 60,31 persen," ujarnya.

Rencana penyambungan baru tersebut diharapkan dapat menjangkau masyarakat yang belum termasuk dalam daftar tunggu PLN. Berdasarkan data PLN, daftar tunggu PLN di Riau mencapai 94.887 calon pelanggan. Daftar antrian paling banyak berada di Kabupaten Bengkalis dan Kota Pekanbaru, yang masing-masing mencapai 27.568 dan 16.507 calon pelanggan.

"Total daya listrik yang dibutuhkan untuk memenuhi calon pelanggan di daftar tunggu sekitar 164 kilovolt amphere, termasuk memenuhi tambah daya," ujarnya.

"Tidak ada biaya tambahan dalam penyambungan baru di luar yang sudah ditentukan dalam TDL 2010," kata Rachmansyah.