LKBN Antara gelar pelatihan jurnalistik "Humas Tangguh dan Cerdas Hadapi Hoax"

id Antara, Riau, jurnalistik,berita riau antara,berita riau terbaru,perhumas pekanbaru,public relation ,humas pekanbaru

LKBN Antara gelar pelatihan jurnalistik "Humas Tangguh dan Cerdas Hadapi Hoax"

Suasana kegiatan pelatihan "Humas Tangguh Cerdas Hadapi Hoax" di Pekanbaru. (ANTARA)

Pekanbaru (ANTARA) - Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Biro Riau menggelar pelatihan jurnalistik dengan mengambil tema "Humas Tangguh dan Cerdas Hadapi Berita Hoax" di Kota Pekanbaru, Kamis.

Kegiatan pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan di Hotel Zury tersebut diikuti sekitar 29 partisipan yang berasal dari staf humas pemerintah daerah dan perusahaan dari seluruh Provinsi Riau.

Kepala Antara Biro Riau RiskiMaruto dalam sambutannya mengatakan dalam lima tahun terakhir tren hoax terus mengalami peningkatan. Untuk itu, pemberantasan hoax juga harus lebih masif.

Hoax, kata sosok yang pernah memimpin LKBN Antara Biro Bengkulu itu, berpotensi besar membuat perpecahan, tidak hanya perpecahan masyarakat bahkan di kalangan keluarga sekalipun.

"Hoax itu marak dalam lima tahun terakhir. Dalam kesempatan ini, maka penanganan hoax pun harus marak," katanya.



Ia mengatakan Antara sebagai lembaga berita negara memiliki peran untuk mencerahkan masyarakat dalam menangani berita tidak benar. "Bagaimana solusi menghadapi hoax dan mencerahkan serta memberikan penjelasan kepada masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, ketua panitia kegiatan, Vera Lusiana menambahkan jika kegiatan yang didukung oleh PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) dan SKK Migas tersebut mendapat sambutan positif dari para praktisi Humas.

Ia menuturkan sejumlah narasumber kompeten turut hadir dalam kegiatan itu, seperti Panca Hari Wibowo, tim Anti Hoax LKBN Antara serta Dr Erdianto Effendi yang merupakan pakar pidana Universitas Riau.

Penyelenggaraan kegiatan pelatihan jurnalistik dengan menggandeng para praktisi humas dari kalangan pemerintah daerah dan perusahaan tersebut merupakan yang ke sekian kali diselenggarakan oleh LKBN Antara. Kegiatan itu dilakukan untuk menyambut peringatan HUT Antara yang ke-82 yang jatuh pada 13 Desember mendatang.

Baca juga: ANTARA berbagi tips tangkal hoaks ke praktisi Humas Riau

Baca juga: Praktisi humas Chevron berbagi pengalaman hadapi hoaks