ANTARA berbagi tips tangkal hoaks ke praktisi Humas Riau

id Antara, pelatihan jurnalistik, hoax,hoaks, hut antara, pelatihan humas,berita riau antara,berita riau terbaru

ANTARA berbagi tips tangkal hoaks ke praktisi Humas Riau

Panca HP sedang memberikan pemaparan. (ANTARA/Riski Maruto)

Pekanbaru (ANTARA) - Pewarta Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Panca Hari Prabowo berbagi tips dengan 29 praktisi Humas se Provinsi Riau dalam kegiatan pelatihan jurnalistik dengan mengambil tema "Humas Tangguh dan Cerdas Hadapi Berita Hoax" di Kota Pekanbaru, Kamis.

Panca mengatakan bahwa perubahan pola masyarakat dalam mengkonsumsi berita serta perkembangan penggunaan layanan dan ragam internet menjadi salah satu pemicu maraknya hoaksakhir-akhir ini.

Selain itu, perkembangan media sosial serta rendahnya literasi masyarakat juga menjadi penyumbang penyebaran hoaks. Terlebih lagi, pengguna internet Indonesia pada 2018 cukup tinggi yang mencapai 132,7 juta pengguna.

"Hoaks akan terus terjadi dan menyebar. Namun kita bisa mengantisipasi dengan melakukan identifikasi," kata Panca yang menjadi bagian dari Jaringan Antara Cegah Hoax (JACX) tersebut.

Baca juga: Waduh, 30 hoaks tersebar di 1.932 laman pada 21-22 Mei

Ia memaparkan berdasarkan First Draft, terdapat tujuh jenis hoaksyang kini menyebar di masyarakat. Diantaranya adalah Satire atau parodi, false connection stay antara judul dan isi berita berbeda, false context yang bermakna konten diplintir atau menyudutkan, misleading content, manipulated content hingga fabricated content.

Ketujuh jenis hoakstersebut, kata dia, dapat diantisipasi dengan beberapa langkah identifikasi. Pertama, dengan memeriksa domain sebuah kanal informasi atau berita yang diterima. Menurut dia, sebuah informasi atau berita hoaksbiasanya disebar dengan menggunakan domain gratisan.

"Atau sumber berita dan akun media bernama janggal dan tidak familiar," ujarnya.

Selanjutnya, penerima informasi juga bisa memeriksa sumber kutipan serta periksa kredibilitas narasumber. Langkah lainnya bisa dengan memeriksa keakuratan tulisan dan gaya bahasa yang digunakan.

Penyelenggaraan kegiatan pelatihan jurnalistik dengan menggandeng para praktisi Humas dari kalangan pemerintah daerah dan perusahaan tersebut merupakan yang ke sekian kali diselenggarakan oleh LKBN Antara. Kegiatan itu dilakukan untuk menyambut peringatan HUT Antara yang ke-82 yang jatuh pada 13 Desember mendatang.



Baca juga: Praktisi humas Chevron berbagi pengalaman hadapi hoaks

Baca juga: LKBN Antara gelar pelatihan jurnalistik "Humas Tangguh dan Cerdas Hadapi Hoax"