PKS Riau bocorkan kriteria calon kepala daerah yang akan diusung

id PKS, PKS Riau, pilkada 2020, pilkada serentak riau

PKS Riau bocorkan kriteria calon kepala daerah yang akan diusung

Pengurus PKS Tasyakuran Milad PKS yang ke 21 tahun di DPW PKS Riau. (ANTARA/Diana Syafni)

Pekanbaru (ANTARA) - Ketua DPW PKS Provinsi Riau Hendry Munief menyebutkan pihaknya saat ini masih dalam tahapan penjaringan calon menghadapi 2020. Seperti apa bocoran kriteria calon kepala daerah yang diusung PKS tersebut?

Dalam waktu dekat, PKS segera menggelar uji kelayakan dan kepatutan untuk menggali dan mendalami beberapa hal dari calon kepala dan wakil kepala daerah.

"Kita masih dalam tahapan penjaringan, sudah ada yang mendaftar. Sembari kami siapkan 'fit and proper test', InsyaAllah dalam waktu dekat, kami akan panggil balon cakada untuk tes psikotes, tes kesehatan, interview. Kita juga hadirkan pakar dari para akademisi dan kalangan profesional untuk penyelenggaraan tes ini," ucap Hendry di sela Rakorwil PKS di Pekanbaru, Sabtu malam (2/11).

Dia juga membocorkan kriteria calon pemimpin yang akan diusung PKS di antaranya, memiliki basis sosial yang kuat, kemudian basis politik, basis operasional dan terakhir kesiapan untuk menggandeng kader PKS.

"Basis sosial, kekuatan dia di masyarakat seperti apa kalau dia pernah jadi caleg berapa suaranya. Kalau calon kepala daerah berapa suaranya. Kita liat dia punya komunitas, setelah itu surveinya akan kelihatan," ucapnya.

"Yang kedua basis politik, dia sudah berkoalisi dengan partai mana saja. Jadi kita akan lihat kombinasinya partai yang dia bawa dengan PKS. Yang ketiga, basis operasional apa yang dia persiapan. Terakhir, kesiapan menjadikan kader PKS sebagai pasangan calonnya. Kalau dia bupati siap tidak dia, wakil bupatinya dari PKS, atau PKS bupati dia siap tidak untuk wabupnya" sambungnya.

Sebagai informasi, di Provinsi Riau sendiri ada sembilan kabupaten/kota yakni Kabupaten Rokan Hilir, Pelalawan, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Siak, Kabupaten Kepulauan Meranti dan Kota Dumai.

Baca juga: Target menang Pilkada 2020 di Riau, PKS mulai panaskan mesin partai

Baca juga: PKS bantah incar posisi ketua komisi di DPRD Riau

Baca juga: PKS siapkan 10 kader untuk Pilkada Bengkalis 2020