Omset usaha jus bawang putih Ummu Siddiq capai Rp50 juta

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara,omset usaha

Omset usaha jus bawang putih  Ummu Siddiq  capai Rp50 juta

Ayu Wahyuni Gusti, peracik jus herbal bawnag putih "Ummu Siddiq", saat meladeni pembeli di area pemasaran Car Free Day, di Jalan Cuk Nyak Dhien, Kota Pekanbaru, Riau, yang dibuka setiap Minggu itu. Produknya laris manis hingga membukukan omset sebesar Rp50 juta sejak sepuluh bulan terakhir. (Riau.Antaranews/Windani Gurning/Frislidia)

Pekanbaru (ANTARA) - Usaha Jus herbal Ummu Siddiq meraih omset sebesar Rp50 juta untuk sepuluh bulan terakhir dan omset ini

meningkat setelah jus herbal mendapat sertifikasi halal dari LPPOM MUI Riau sejak Juni 2018.

"Sejak produk herbal ini bersertifikasi halal dari LPPOM MUI Riau, alhamdulillah membawa berkah kini

konsumen semakin banyak membeli hingga berlangganan jus herbal, " kata Ayu Wahyuni Gusti, perajik jus herbal Ummu Siddiq, di Pekanbaru, Kamis.

Menurut Ayu, para pelanggan selain berasal dari Kota Pekanbaru, juga berasal dari sejumlah kabupaten dan kota yang membeli melalui online. Bahkan jus herbal ini sudah ada langganan di Jakarta, Jogja, Blitar, Serang sedangkan untuk masyarakat Kota Pekanbaru bisa langsung membeli di arena pemasaran Car Free Day (CFD).

Selain di arena hari bebas berkendaraan di Jalan Cut Nyak Dien itu, katanya menyebutkan, konsumen juga bisa membeli jus herbal ke Rumah Herbal Delima yang terletak di Jalan Delima Kota Pekanbaru.

"Kami kini sedang menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk menyajikan jus herbal dalam bentuk serbuk agar bisa dengan mudah dikirim keluar daerah atau pun luar provinsi," katanya.

Sedangkan untuk membuat jus herbal cair, ia selalu memakai bahan-bahan yang berkualitas mulai dari bawang

putih, cuka apel, jahe merah, madu dan lemon. Bahan yang digunakan tersebut tentunya memiliki segudang khasiat

bagi kesehatan tubuh, diantaranya diyakini bisa menyembuhkan stroke, darah tinggi, asam urat,kolesterol,jantung, diabetes,kekentalan darah,radang sendi,flu dan batuk,dan masih byk lagi

Bawang putih diantaranya berkhasiat anti peradangan dan juga mengandung antioksidan yang dapat membantu

mencegah kanker. Cuka apel membantu menyerap air, lemak, racun, dan kolestrol.

"Saya ingin setiap orang bisa menikmati khasiat bawang putih dengan cara yang enak," kata Ayu.

Berikutnya, lemon memiliki khasiat memperlancar pencernaan, mencegah pembentukan batu ginjal. Jahe merah

berkhasiat untuk anti radang dan menghilangkan nyeri sendi. Madu untuk melancarkan peredaran darah dan

mengurangi tekanan darah.

Ia menjelaskan, racikan herbal ini semula dibuat sebagai minuman keluarga khususnya untuk ibunya yang menderita radang sendi dan anaknya Siddiq yang flu dan batuk yang tak kunjung sembuh. Namun alhamdulillah berkat rutin minum minuman herbal tersebut, ibu dan anaknya sembuh, dan selanjutnya memutuskan untuk membuat jus herbal agar dapat di konsumsi oleh masyarakat.

Jus herbal "Ummu Siddiq" ini juga sudah melakukan uji labor terhadap pencemaran mikroba di UPT pengujian dan sertifikasi mutu barang Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Provinsi Riau di Jalan Sutomo, Kota Pekanbaru.

Hasil uji labor tersebut dinyatakan semua negatif dan tidak ditemukan pencemaran mikroba di dalam jus serta layak untuk dikonsumsi.

Sementara itu untuk produk jus herbal Ummu Siddiq, dijual dalam tiga varian ukuran, yakni seberat 500 ml,

ukuran sedang 300 ml, dan ukuran kecil 150 ml. Harga juga berbeda berdasarkan jenis ukuran botolnya itu yakni

besar dijual dengan Rp125 ribu/botol, ukuran menengah Rp70 ribu/botol, dan untuk ukuran kecil Rp35 ribu/botol.

"Harga jus herbal per botol tersebut, masih terjangkau dengan masyarakat, dan kami tidak pernah menaikkan

harga tersebut walaupun harga bawang putih dipasar naik. Jus herbal "Ummu Siddiq "ini juga ikut menggalakkan program pemerintah dalam mengurangi sampah plastik, terbukti dari penggunaan botol kaca yang bisa di pakai kembali dan penggunaan kantong dari bahan kain yang bisa dimanfaatkan untuk yang lain," katanya.

Kantong kain digunakan sebagai upaya menekan sampah plastik yang telah dikampanyekan pemerintah.

Kesuksesan dalam merintis usaha ini tak lepas dari campur tangan Dinas Perdagangan Kota Pekanbaru, yang terus

memberikan pembinaan. Jangan pernah melupakan orang-orang yang selalu mendukung kita karena tanpa mereka kita tidak bisa mencapai kesuksesan," kata Ayu.

Pemasaran di CFD, produsen Jus Herbal "Ummu Siddiq ini juga memberikan minum gratis disetiap minggunya sebesar satu loki, bagi anda yang jogging di CFD, jangan lupa singgah di standnya di dekat pustaka wilayah sebelum kamu olahraga pagi. Rasanya tak seekstrim namanya "Jus bawang putih", endooos deh pokoknya.