50 unit rumah terendam dan jalan amblas di Agam akibat banjir

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara

50 unit rumah terendam dan jalan amblas di Agam akibat banjir

Salah seorang warga Cacang Randah, Nagari Tiku Utara, Kecamatan Tanjungmutiara, Kabupaten Agam, sedang melihat jalan yang amblas akibat meluapnya air Sungai Batang Tiku, Selasa (22/19). (ANTARA SUMBAR)

Lubukbasung (ANTARA) - Sebanyak 50 unit rumah dan jalan kabupaten amblas di Kecamatan Tanjungmutiara, Kabupaten Agam, Sumatera Barat akibat banjir melanda daerah itu setelah curah hujan tinggi, Selasa (22/10).

Kasie Pemerintahan dan Pelayanan Kecamatan Tanjungmutiara, Weri Ikwan di Lubukbasung, Selasa, mengatakan 50 unit rumah yang terendam banjir itu berada di Gasan, Nagari Tiku Selasan.

"Air mengenangi rumah warga dengan ketinggian sekitar 20-30 centimeter," katanya.

Ia mengatakan, warga masih bertahan di rumah mereka untuk menyelamatkan perabotan miliknya.

Saat ini belum ada warga yang mengungsi akibat kejadian itu.

"Sekitar 20 hektare sawah milik petani digenangi air," katanya.

Selain rumah direndam banjir, jalan kabupaten yang menghubungkan Cacang Randah menuju Bukik Melintang Nagari Tiku Utara juga amblas sekitar lima meter akibat meluapnya Sungai Batang Tiku.

Di Sungai Nibuang, tambahnya, jalan dan sawah milik warga juga terendam air sekitar 10 hektare.

"Jalan tidak bisa dilalui kendaraan roda dua sehingga pengguna jalan melewati jalan alternatif tidak jauh dari lokasi," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Agam, Wahyu Bestari menambahkan pihaknya telah mengerahkan satgas dan tim reaksi cepat BPBD setempat ke lokasi untuk korban banjir.

"Anggota sudah berada di lokasi untuk memberikan pertolongan kepada korban," katanya.

Pewarta : Yusrizal