DPRD Siak sidang paripurna HUT ke-20, tokoh pendiri diberi penghargaan

id HUT Siak, Pemkab siak, Siak

DPRD Siak sidang paripurna HUT ke-20, tokoh pendiri diberi penghargaan

Pimpinan DPRD bersama Bupati Siak.(ANTARA/HO-DPRD Siak)

Siak (ANTARA) - DPRD Siak melaksanakansidang paripurna di Gedung Panglima Ghimbam dalam rangka peringatanHari Jadi Kabupaten Siak ke-20 sekaligus pemberian penghargaan kepada 29 tokoh pendiri daerah tersebut.

"Dari lubuk hati yang paling dalam, marilah kita semua memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan ucapan penghargaan yang tak terhingga atas jasa dan pengorbanan mereka," kata Ketua DPRD Siak, Azmi, Sabtu.

Salah satu tokoh yang berperan terhadap otonomi daerah tak lain adalah salah satu putera daerah Kabupaten Siak yakni Letjend TNI PurnawirawanSyarwan Hamid. Ketika itu Syarwan menjabat dan diamanahkan sebagai Menteri Dalam Negeri beliau menampung aspirasi pemekaran kabupaten/kota di Provinsi Riau.

Dia memperjuangkan sedemikian rupa sehingga terbentuklah daerah-daerah otonom baru. Seperti Kabupaten Siak dan Kabupaten Rokan Hilir yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Bengkalis, Pelalawan dan Rokan Hulu pemekaran dari Kampar dan Kuantan Singingi pemekaran dari Indragiri Hulu.

Selain beliau, hadir juga Bupati Siak Periode 2001-2011 Tuan H. Arwin AS, SH dimana pada masa kepemimpinannya telah diletakkan pondasi penataan pembangunan dan pemerintahan yang luar biasa. Tentunya salah satu yang akan selalu diingat oleh masyarakat Siak adalah terbentangnya tiga jembatan yang megah di masa kepemimpinannya.

"Hingga kita dapat merasakan dan menikmati serta melihat pembangunan yang cukup pesat di Kabupaten Siak yang kita banggakan ini," ujar Azmi.

Pada HUT ke-20 ini diusung tema Siak Hijau Siak Lestari, dilaksanakan serangkaian acara-acara. Hal ini kata Azmi mengingatkan bahwa dalam rangka melaksanakan pembangunan secara berkelanjutan harus tetap memperhatikan aspek yang berwawasan lingkungan.

"Semua ini tentunya melibatkan peran aktif semua unsur elemen masyarakat dalam rangka mendorong prinsip-prinsip kelestarian dan berkelanjutan dalam pemanfaatan sumber daya alam (SDA)," iimbau Ketua DPRD Kabupaten Siak.

Sebelum Sidang Paripurna dilaksanakan, di momen yang istimewa ini juga dilaksanakan pembukaan pameran arsip potret Kabupaten Siak dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Selain pameran, ANRI juga menyerahkan Citra Daerah, yaitu kumpulan potret Kabupaten Siak dari Zaman VOC hingga sekarang dalam sebuah buku yang diserahkan oleh Tuan Dr.Taufik,M.Si selaku Plt Kepala ANRI. (Adv)

Baca juga: Upacara puncak HUT Siak Ke-20, Bupati serahkan 103 penghargaan

Baca juga: KLHK targetkan restorasi gambut 2 juta ha hingga 2030


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar