Pemkab Siak gelar ajang wisata-budaya peringati HUT Ke-24

id Siak gelar even, wisata dan budaya, HUT Siak ke-24

Pemkab Siak gelar ajang wisata-budaya peringati HUT Ke-24

Pembukaan Festival Siak Bermadah beberapa tahun lalu yang turun diselenggarakan setiap bulan Oktober pada Peringatan HUT Siak. (ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Siak Provinsi Riau menggelar sejumlah ajang wisata dan budaya selama Oktober dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-24 daerah itu yang jatuh pada 12 Oktober 2023.

"Oktober merupakan bulan pariwisata, Pemkab padatkan setiap minggu di bulan Oktober ini akan ada 'event-event' wisata dan kebudayaan," kata Bupati Siak Alfedridi Siak, Rabu.

Pertama kegiatan Siak Bersalawat dimulai pada Senin (9/10) dan dilanjutkan dengan Festival Siak Bermadah 10-13 Oktober. Akan ada penampilan tim kesenian berbagai daerah pada Rabu dan Kamis (11-12/10) malam dan penutupan dengan penampilan Artis Budi Do Re Mi pada Jumat (13/10) malam.

Pada kesempatan yang sama juga digelarFestival Tenun dan Batik Siak 10-13 Oktober 2023. Pada HUT yang jatuh pada 12 Oktober 2023, pihaknya melaksanakan upacara dilanjutkan dengan Sidang Paripurna DPRD Siak.

Selanjutnya ada Festival Sastra Sungai Jantan 14-15 Oktober 2023, Festival Pangan Lokal dan Lomba Cipta Menu 16 Oktober. Lalu, Pekan Budaya 20-21 Oktober dan Pawai Budaya pada keesokan harinya.

Alfedri berharap kegiatan yang digelar tidak hanya dimaknai dengan semarak, tetapi juga bisa memotivasi. Hal itu agar bisa berbuat lebih baik lagi untuk kemajuan Kabupaten Siak di masa mendatang.

"Kita sudah banyak merancang kegiatan, tentunya ini tidak hanya dimaknai dengan semarak. Tetapi mampu memotivasi kita selain mengevaluasi apa yang sudah kita lakukan selama ini dalam mengisi pembangunan Kabupaten Siak, di masa mendatang," ujar Bupati.

Tak hanya itu pada Bulan Desember nanti, lanjutnya, juga akan penuh dengan kegiatan wisata dan budaya seperti Balap Sepeda "Tour De Siak" 1-4 Desember 2023.

Kemudian Siak Serindit Boat Race 15-18 Desember, Festival Film Pendek 16 Desember, Festival Sungai Siak 20-23 Desember, dan Festival Lalang Tempo Doeloe pada akhir Desember 2023.