Bincang Lestari, Bupati Siak paparkan upaya pencegahan karhutla

id bupati siak,siak hijau,berita riau antara,berita riau terbaru

Bincang Lestari, Bupati Siak paparkan upaya pencegahan karhutla

Bupati Siak bersama sejumlah pembicara di Bincang Festival Kabupaten Lestari.(ANTARA/HO-Pemkab Siak)

SIAK, (ANTARA) - Bupati Siak Alfedri menyampaikan pemaparan dengan tema "Di balik asap, tantangan dan upaya Kabupaten Siak melawan kebakaran hutan dan lahan" pada harikedua rangkaian Festival Kabupaten Lestari tahun 2019.

"Langkah-langkah yang kami lakukan bisa menurunkan angka karhutla di kabupaten Siak. Dari hasil pantauan di Siak pada tahun 2019 sampai dengan bulan september titik api hanya dua persen," kata Alfedri dalam sesi Bincang Lestaridi Gedung Daerah Siak Sultan Syarif Kasim, Jumat.

Langkah itu dimulaitahun 2016 secara inklusif dengan dibantu dari Lembaga Swadaya Masyarakattingkat nasional, provinsi dan juga yang ada di Siak yang tergabung dalam "Sudagho Siak". Kemudian lahir sebuah pemikiran bagaimana kita membuat sebuah konsep Siak Kabupaten Hijau.

Lalu diluncurkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya pada tahun 2016 lalu. Ditindaklanjuti dengan lahirnya Peraturan Bupati No. 22/2018 mengenai Inisiatif Siak Hijau.

Melalui payung hukum itu, pihaknya melakukan pencegahan dengan cara sosialisasi. Itu melalui penyuluhan kepada masyarakat dan tidak mengolah lahan dengan cara membakar.

Kemudian dirinya juga menyampaikan pada tahun 2016 Pemkab Siak melalui dinas terkait melakukan pengadaan mesin pemadam api portabel di setiap kampung-kampung yang rawan terhadap karhutla. Di Siak ada 67 Kampung yang terdapat lahan gambut, yang rentan terhadap karhutla.

"Mobil pemadam disiapkan di enam klaster dengan peralatan yang lengkap, jika terjadi kebakaran hutan siap melakukan pemadaman. Untuk kampung-kampung yang tidak bisa dijangkau dengan mobil damkar, bisa mengunakan mesin portebel yang mudah diangkat," ungkapnya.

Hadir pada juga kesempatan bincang lestari itu Direktorat Inventarisasi Gas Rumah Kaca (IGRK) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Ratnasari. Selain itu tentunya anggota Lingkar Temu Kabupaten Lestari.

Diantaranya Bupati kabupaten Sintang Kalimanatan Barat Jarot Winarto, Wakil Bupati Musi Banyuasin Palembang Beni Hernedi, Bupati Tulang Bawang Barat Lampung Mar Ahmad. Ada juga perwakilan Asisten Admintrasi Umum Kabupaten Gorontalo Her Restu, Asisten Bidang Pemerintah dan kesra kabupaten Sigi Andi Ilham, Kadis Perternakan dan Perikanan Kabupaten Sanggau Syafriansyah.(adv)

Baca juga: "Siak Hijau", sumbangsih Indonesia dari Siak untuk kurangi perubahan iklim

Baca juga: Bupati Siak ikut penjaringan calon Pilkada 2020 di Nasdem
Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar