Jialyka Maharani, senator termuda pimpin sidang pelantikan anggota DPD RI

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara

Jialyka Maharani, senator termuda pimpin sidang pelantikan anggota DPD RI

Jialyka Maharani (ANTARA/Aziz Munajar)

Jakarta (ANTARA) - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI terpilih asal Sumatera Selatan Jialyka Maharani memimpin sidang pelantikan anggota DPD RI periode 2019—2024 di kompleks Gedung MPR/DPR RI, Jakarta, Selasa.

Jialyka merupakan anggota DPD RI termuda. Perempuan berusia 22 tahun ini berduet dengan anggota DPD RI asal DKI Jakarta Sabam Sirait sebagai yang tertua berusia 82 tahun.

Baca juga: DPR RI gelar sidang paripurna

Ada sebanyak 136 calon terpilih anggota DPD RI periode 2019—2024 yang dilantik sebagai wakil rakyat, sementara anggota DPR RI berjumlah sebanyak 575 orang.

Dalam sidang pelantikan itu, selain Presiden RI Joko Widodo dan Wapres M. Jusuf Kalla, hadir juga sejumlah tokoh nasional, di antaranya presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, wakil pesiden ke-6 RI Try Sutrisno, dan wapres ke-9 RI Hamzah Haz.

Kiai Haji Ma'ruf Amin yang terpilih sebagai wakil presiden pada Pemilu 2019, Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X, dan Gubernur DKI Anies Baswedan juga hadir.

Pada hari Selasa, MPR RI, DPR RI, dan DPD RI akan menggelar acara pelantikan dan pengucapan sumpah/janji anggota baru periode 2019—2024 di Gedung Nusantara DPR Jakarta.

Pengucapan sumpah/janji anggota DPD RI kembali dipandu Ketua Mahkamah Agung M Hatta Ali, yang dimulai pada pukul 10.50 WIB.

Baca juga: DPR RI akan gelar Rapat Paripurna bahas RAPBN 2020

Baca juga: Bergugurannya caleg artis dapil Jatim menuju "Senayan"


Pewarta : Zuhdiar Laeis