Ratusan siswa ikut cerdas cermat Kuansing Bacarito

id Ratusan siswa ikut lomba bercarito,Kuansing bercarito

Ratusan siswa ikut cerdas cermat Kuansing Bacarito

Bupati saat membuka Kuansing Bercarito. (ANTARA)

Kuantan Singingi (ANTARA) - Ratusan siswa di Kabupaten Kuantan Singingimengikuti acara lomba cerdas cermat "Bacarito" tentang seni budaya lokal dalam rangka promosi wisata yang diselenggarakan instansi terkait dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kuansing ke-20 tahun 2019.

"Saya mendukung dan memberikan apresiasi tinggi atas terselenggaranya kegiatan ini," kata Bupati Kuantan Singingi Mursinidi Teluk Kuantan, Minggu.

Bupati Mursini membuka langsung Lomba Kuansing Bacaritodan mengatakan bahwa masyarakat harus pintar-pintar memilah informasi di medsos. Melalui acara ini, solusi terbaik dan akan lebih memperkenalkan potensi daerah hingga ke tingkat anak sekolah.

Siswa - siswi setingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) yang mengiktui acara lomba hendaknya serius dan menguasai apa yang diperlombakan sehingga dapat tampil lebih baik, sportif dan menjadi duta seni dan budaya ke depannya.

"Semua pihak harus memberikan dukungan dalam rangka suksesnya HUT Kuansing," sebut Mursini.

Dijelaskannya, dengan adanya "Kuansing Bacarito" ini bisa terangkatnya seni dan budaya Kuansing di mata nasional dan manca negara. "Ditemukannya bukit piramida dan beberapa batu nisan yang mencerminkan dari suatu kerajaan juga perlu dikenal luas," ujarnya.

Ketua Pembina Kuansing Bacarito Nafisnan mengatakan, cerdas cermat ini merupakan kegiatan yang ditaja dari generasi milenial yang berfokus kepada seni budaya Kuantan Singingi.

"Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan seni dan budaya kepada generasi muda," ujarnya.

Menurutnya, promosi harus lebih gencar, menyeluruh melalui berbagai media terutama media nasional agar dapat menjangkau pelosok dunia, kegiatan yang ditaja adalah bagian dari wujud kepedulian seni budaya lokal.

Panelis mengajukan pertanyaan kepada peserta lomba cerdas cermat ini, berkisar tentang Seni Budaya Kuansing, ditambah pengetahuan umum bidang bahasa Indonesia, sempena HUT Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) ke-20 Tahun 2019, bertempat di Gedung Narosa Teluk Kuantan.