VIDEO - Peringati Hari Apoteker Dunia, Hisfarsi Riau bagi tips konsumsi obat yang benar

id farmasi,hari apoteker dunia, hari apoteker riau,hisfarsi riau

VIDEO - Peringati Hari Apoteker Dunia, Hisfarsi Riau bagi tips konsumsi obat yang benar

Peringatan Hari Apoteker Dunia di RS Santa Maria Pekanbaru. (ANTARA/Vijay Kantaw)

Pekanbaru (ANTARA) - Dalam rangka memperingati Hari Apoteker Dunia 2019, Himpunan Seminat Farmasi Rumah Sakit (Hisfarsi) Riau mengadakan seminar berjudul "Obat yang Aman dan Efektif untuk Semua" di Rumah Sakit Santa Maria, KotaPekanbaru, Rabu (25/9).

Sebagaimana yang telah ditetapkan pada 2009 oleh Dewan IFP (International Pharmaceutical Federation) di Istanbul, Turki, setiap 25 September merupakan Hari Apoteker Sedunia (World Pharmacist Day).

Tema kegiatan tahun ini adalah mempromosikan peran penting apoteker dalam menjaga keselamatan pasien melalui peningkatan penggunaan obat-obatan dan mengurangi kesalahan pengobatan.

"Kami Himpunan Seminat Farmasi Rumah Sakit (Hisfarsi) mengimbau seluruh masyarakat Riau khususnya Pekanbaru untuk mendapatkan obat di tempat yang resmi, gunakan sesuai aturan dan dosis, simpan di tempat yang baik, dan buang sisanya secara benar menghindari daur ulang dan penyalahgunaan," kata Wakil Ketua Hisfarsi Provinsi Riau, Pretty F Panjaitan.

Dalam seminar kali ini, apoteker juga memberi bekal pada seluruh pengunjung yang ada di rumah sakit tersebut untuk mengikuti semua aturan cara pemakaian obat dan dosis tertentu

"Kalau obatnya diminum setelah makan atau sebelum makan itu harus ditunggu setelah 30 menit atau sejam sesudah dan sebelumnya. Jangan langsung dimakan obatnya. Begitu juga dengan obat yang dimakan atau dihisap, semuanya sudah ada rasanya. Jadi bapak dan ibu jangan takut kalau obatnya pahit," kata Pretty F Panjaitan.

Peringatan Hari Apoteker se-Dunia ini dilaksanakan serentak di seluruh Provinsi Riau.

Baca juga: Industri farmasi Indonesia berhasil menembus pasar Polandia ekspor obat diabetes

Baca juga: Obat "Paracetamol" mengandung virus adalah hoaks




Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar