Karhutla Riau - Warga Pekanbaru datangi posko siaga kabut asap

id Posko asap, posko karhutla, riau berasap, karhutla riau,karhutla terkini,riau melawan asap,jokowi ke riau

Karhutla Riau - Warga Pekanbaru datangi posko siaga kabut asap

Warga terdampak asap datangi  Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) Human Initiative Riau, selaku mitra Dinkes di Jalan Paus Ujung No. 1B, Tangkerang Barat, Marpoyan Damai, Pekanbaru. (ANTARA/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Baru sehari dibuka, sejumlah warga langsung mendatangi pos siaga kabut asap milik Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) Human Initiative Riau, selaku mitra Dinkes di Jalan Paus Ujung No. 1B, Tangkerang Barat, Marpoyan Damai, Pekanbaru.

"Senin, 16 September 2019, Pos Siaga Kabut Asap Riau resmi dibuka oleh PKPU Human Initiative tepatnya di kantor Cabang HI Riau," kata Kasi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Provinsi Riau Rozita, di Pekanbaru, Selasa.

Rozita menjelaskan masyarakat yang terpapar asap bisa memanfaatkan posko dan fasilitas pengobatannya. "Alhamdulillah, di hari pertama pos siaga kabut asap mendapatkan respon dari masyarakat sudah ada empat yang datang," ujar Rozita.

Posko PKHU menyediakan berbagai pelayanan yang diperlukan bagi warga yang terpapar asap, di antaranya oksigen, masker N95, layanan pemeriksaan kesehatan oleh dokter, layanan obat-obatan dan tersedia ruangan kedap asap berfasilitas AC dan penjernih udara.

"Posko layanan ini sangat diperlukan khususnya bagi ibu hamil, balita dan lansia," tuturnya.

Sementara itu Adi, Staf Promkes dari Kemenkes RI, sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada PKPU Human Initiative Riau yang selalu konsisten memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat Riau terutama dengan adanya Pos Siaga Kabut Asap.

"Tentu ini menjadi hal yang sangat bermanfaat untuk masyarakat Riau dan dapat membantu pemerintah, dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat terkhusus dalam suasana kabut asap sekarang ini," ujar Adi.

Ditambahkan Kepala Cabang PKPU HI Riau, Afrizal, PKPU Human Initiative Riau komit akan terus berusaha dan berupaya mewujudkan solusi peduli terhadap masyarakat.

"Terutama dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang terdampak kabut asap. Kegiatan ini juga kami lakukan terkait komitmen kami untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat serta bentuk wujud nyata dalam mengimplementasikan kesepakatan yang sudah ditandatangani bersama Seksi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Riau," pungkas Afrizal.

Perlu diketahui PKPU Human Initiative Riau juga membuka pos layanan kesehatan lainnya di daerah kabupaten/kota di antaranya di Kecamatan Kerumutan, Pelalawan, Desa Mak Teduh, Desa Banjar Panjang Sp 2, Desa Pematang Tinggi Sp 4.

Lalu di Langgam, Pelalawan di Desa Tambak, Kecamatan Pelalawan, Pelalawan tepatnya di Desa Sering. Kemudian diKecamatan Kubu, Rokan Hulu.

Baca juga: 14 posko kesehatan antisipasi dampak kabut asap di Pekanbaru, cek lokasinya disini

Baca juga: Karhutla Riau - Pekanbaru sediakan 43 posko dan rumah singgah