Kaum Ibu Di Inhil Olah Penganan Khas

id kaum ibu, di inhil, olah penganan khas

Tembilahan, 22/12 (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, Alimuddin RM meminta kaum ibu di daerah itu kreatif dalam mengolah makanan khas daerah sehingga dapat menjadi barang cendramata.

"Kreativitas mengolah makanan tradisional dilakukan guna menyambut dua iven olahraga besar yang akan digelar, yakni Porda (Pekan Olahraga Daerah) VII Riau dan Pekan Olahraga Nasional XXVIII pada 2012," kata Sekda di Tembilahan, Rabu.

Ia mengatakan, untuk Porda Riau, Inhil menjadi tuan rumah pada 2011 dan juga beberapa cabang olahraga di PON yang juga akan digelar di Inhil pada 2012.

"Maka sejak saat ini, diharapkan kaum ibu telah menyiapkan makanan dan minuman yang dapat menjadi oleh-oleh khas Inhil," ujarnya.

Menurut dia, produk oleh-oleh khas daerah ini, kalau dikelola dengan baik, maka akan menjadi sumber penghasilan cukup besar bagi kaum ibu di Inhil.

"Bayangkan saja jumlah mereka yang akan datang pada helat olahrga ini nantinya diperkirakan sekitar 4 ribu orang. Tentunya mereka akan mencari oleh-oleh khas Inhil untuk dibawa pulang," kata Alimuddin.

Ia menambahkan, di Inhil telah dikenal beberapa penganan khas, seperti keripik pisang. Penganan ini tinggal dikemas dengan baik, sehingga menarik bagi para tamu yang datang tersebut.

Ia mencontohkan, beberapa daerah di Riau yang berhasil menjadikan beberapa penganan khasnya sebagai oleh-oleh bagi pendatang. Seperti Bengkalis dengan Lempuk Duriannya, Rokan Hilir dengan penganan Kacang Pukul serta Indragiri Hulu dikenal dengan Dodol Kedondong.

Untuk itu pula, lanjutnya, beberapa waktu lalu Pemerintah Provinsi Riau bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten/Kota telah mengadakan lomba cipta menu khas daerah.

Diharapkan, dari kegiatan ini dapat memunculkan makanan dan minuman khas daerah yang dapat menjadi oleh-oleh bagi para pendatang dalam iven olahraga tersebut.