Sebuah helikopter pemadam kebakaran hutan jatuh di Portugal, tewaskan pilot

id Berita hari ini, berita riau antara, berita riau terkini,Sebuah helikopter

Ilustrasi: Puing dan bagian pesawat, yang jatuh setelah bertabrakan dengan helikopter, berserakan di darat dekat Desa Inca, pulau Mallorca, Spanyol, Senin (26/8/2019). Kecelakaan tersebut menewaskan 7 penumpang yang beradadi kedua pesawat. (REUTERS/ENRIQUE CALVO)

Lisabon (ANTARA) - Sebuah helikopter ringan jatuh hingga menewaskan pilotnya saat berupaya memadamkan kebakaran hutan di Portugal utara pada Kamis (5/9).

Sebelum mengalami kecelakaan, helikopter tersebut sempat menurunkan para petugas pemadam kebakaran di dekat kobaran api, kata beberapa pejabat layanan darurat.

Baca juga: Satu helikopter dari Riau bantu pemadaman Karhutla di Jambi, begini alasannya

Helikopter nahas itu adalah yang kedua yang jatuh dalam beberapa hari terakhir ini saat membantu memadamkan kebakaran hutan di Portugal. Kebakaran hutan di negara itu mulai meluas karena musim kering sekaligus panas.

Seorang pilot mengalami luka ringan dalam kecelakaan yang terjadi pada Rabu (4/9).

Pejabat layanan darurat mengungkapkan bahwa insiden helikopter pada Kamis tampaknya terjadi setelah helikopter itu menabrak kabel bertegangan tinggi sebelum akhirnya jatuh dan terbakar.

Portugal, yang pada 2017 mengalami dua kebakaran hutan dahsyat hingga menewaskan lebih dari 100 orang, dalam dua tahun terakhir meningkatkan layanan daruratnya guna mencegah sekaligus memerangi kebakaran hutan.

Upaya itu dilakukan dengan mengerahkan puluhan pesawat dari helikopter pengintai hingga pesawat pengebom air.

Baca juga: Satgas kerahkan 4 helikopter padamkan karhutla di Selatan Riau

Baca juga: BNPB terbangkan satu unit helikopter dari Aceh padamkan karhutla di Riau


Sumber: Reuters

Pewarta : Asri Mayang Sari


Pewarta :
Editor: Vienty Kumala
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar