Pemkot Pekanbaru Jamin Tes CPNS Transparan

id pemkot pekanbaru, jamin tes, cpns transparan

Pekanbaru, 13/12 (ANTARA) - Pemerintah kota Pekanbaru menjamin bahwa pelaksanaan penerimaan Calon Pegawai Negeri sipil (CPNS) akan dilakukan sesuai prosedur dan transparan.

"Kami meminta masyarakat tidak berpikir negatif dalam penerimaan CPNS di lingkungan pemerintah Kota Pekanbaru tahun ini," ungkap Wali Kota Pekanbaru, Herman Abdullah di Pekanbaru, Senin.

Menurutnya, kecurigaan itu tidak beralasan karena pemerintah Kota Pekanbaru selaku penyelenggara penerimaan CPNS sudah berusaha transparan dan menjalankannya sesuai prosedur yang berlaku.

"Sesuai pentunjuk pelaksanaan dari pusat, seluruh pelamar CPNS pasti akan mengikuti semua tahapan penerimaan seperti testing administrasi dan mengikuti testing tertulis," jelasnya.

Menurutnya, mengenai banyaknya peserta yang tidak lulus test adminitrasi, jika ingin mempertanyakan kekurangannya disarankan Walikota untuk bertanya langsung kepada BKD Pekanbaru selaku pelaksana penerimaan CPNS.

Tapi diyakini Walikota, panitia penerimaan test CPNS sudah menjalankan tugasnya sebagaimana yang diamanahkan.

Sementara itu terkait kelulusan peserta testing tertulis CPNS, wali kota mengaku tidak mengetahui secara jelas. Karena pemeriksanaan jawaban ujian tidak dilaksanakan oleh pemerintah kota Pekanbaru tetapi langsung oleh pemerintah pusat.

"Ada standarnya dari pusat. Tanyakan ke pusat itu bagaimana standarisasi kelulusan CPNS itu," sarannya.

Di lain pihak Kepala BKD Pekanbaru, Hermanius, menegaskan guna mengantisipasi munculnya ?joki? pada pelaksanaan ujian / test tertulis nanti, ia memastikan akan melakukan pengawasan dengan

ketat.

"Salah satunya pengawas akan mencocokan foto peserta yang ada di nomor ujian dengan peserta itu sendiri. Di samping juga memperketat pengawasan disetiap ruang ujian yang akan diawasi oleh tenaga guru," tegas Hermanius.

Ia juga menyatakan, kecil kemungkinan bagi joki untuk bisa masuk dalam pelaksanaan tes tertulis nanti. Sebab selain adanya pengawas ujian dari guru sekolah yang diperbantukan, akan ada juga tim pengawas dari tim independent yang akan melihat secara langsung jalannya ujian tersebut.