Pemko minta warga Pekanbaru pasang Merah Putih dan umbul-umbul peringati HUT RI

id Bendera,HUT RI

Ilustrasi. ANTARA FOTO/Jojon/wsj.

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekanbaru minta warganya pasang Bendera Merah Putih serta umbul-umbul gunamemperingati HUT ke-74 RI.

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, M Noer menyatakan imbauan ini kembali didengungkan karena sejak awal sudah disampaikan, namun masih banyak warga tidak memasang.

"Kepada camat hingga lurah dan panitia HUT RI kecamatan diminta untuk lebih proaktif menyampaikan kepada warganya, dan mendorong masyarakat memasang umbul-umbul dan bendera di setiap rumah," kata Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, M Noer di Pekanbaru, Kamis.

Ia menilai dari pantauan sejauh ini pemasangan bendera dan umbul-umbul peringatan kemerdekaan RI di kalangan masyarakat belum maksimal da semarak.

Padahal itu salah satu cara untuk menunjukkan rasa nasionalisme berbangsa dan bernegara.

M Noer kembali mengingatkan dan mengajak seluruh masyarakat Pekanbaru, terutama yang berlokasi di jalan-jalan besar, perkantoran, usaha dan masyarakat umum, pasang bendera dan umbul-umbul.

"Terutama mereka yang beraktifitas dan tinggal di sepanjang jalan-jalan utama ayo pasang bendera dan umbul-umbul agar peringatan HUT RI meriah," imbaunya.

Mantan Asisten I Setdako Pekanbaru ini menekankan, pemasangan Bendera Merah Putih harus dilakukan di beberapa jalan utama yang ada di Kota Pekanbaru.

Ia menambahkan terkait imbaun pemasangan bendera dan umbul-umbul sudah disampaikan lewat surat edaran kepada seluruh masyarakat sejak awal bulan Agustus ini.

"Surat sudah dikeluarkan sesuai dengan edaran pemerintah pusat, sejak 1 Agustus hingga akhir Agustus. Makanya camat hingga RT/RW diminta menindaklanjuti ke masyarakat," pungkasnya.

Pantauan antara guna menyambut HUT RI ke -74, di sepanjang Jalan Soekarno Hatta, Yos Sudarso, dan ruas jalan lainnya di Pekanbaru pedagang bendera dan umbul-umbul justru tampak lebih semarak dan meriah. Terbukti mereka setiap hari sejak hampir sebulan lalu telah memajang dagangannya.

Aneka warna umbul-umbul dan bendera Merah Putih dengan berbagai model dan ukuran dipajang pada sepanjang pinggiran jalan besar.

Bermodalkan trotoar keberadaan pedagang bendera musiman ini jadi tampak semacam pameran bendera.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar