Peringatan HUT Riau diselimuti kabut asap di Siak, peserta upacara pakai masker

id karhutla,kabut asap di siak,bupati siak,hut 62 riau,berita riau antara,berita riau terbaru

Peringatan HUT Riau diselimuti kabut asap di Siak, peserta upacara pakai masker

Suasana upacara di Kantor Bupati Siak.(Antaranews/Bayu AA)

Siak, Riau (ANTARA) - Upacara Hari Ulang Tahun Provinsi Riau ke-62 di Kabupaten Siak dilaksanakan dengan diselimuti kabut asap akibat kebakaran lahan gambut, yang terjadi di wilayah setempat dan kabupaten/kota lainnya.

Berdasarkan pantauan di Lapangan Kantor Bupati Kabupaten Siak, Jumat, sejumlah peserta upacara tampak menggunakan masker. Di udara pun kabut asap mudah terlihat dengan kasat mata meskipun tidak ada informasi tingkat kualitas udara maupun pendeteksi jarak pandang di Siak.

Bupati Siak, Alfedri ketika ditanya ANTARA apakah akan memberlakukan status siaga kabut asap, dirinya mengatakan akan mempertimbangkan.

"Nanti kita pertimbangkan," ujar Alfedri.

Dia mengatakan beberapa hari ini lahan yang terbakar adalah seluas 110 hektare tersebar di lima kampung. Pihaknya sudah meminta kepada dinas kesehatan untuk untuk membagikan masker kepada masyarakat.

Terkait kualitas udara dia belum bisa memastikan karena rusaknya alat pengukur Indeks Standar Pencemaran Udara di Siak dalam keadaan rusak. Namun di Kecamatan Minas yang juga masuk Kabupaten Siak kualtasnya sudah tidak baik.

Kualitas udara pada ISPU Minas saat ini terpantau pada kualitas 123 PSI artinya kualitas udara tidak sehat. Sejumlah warga yang beraktivitas di luar rumah juga sudah terlihat menggunakan masker.

Dinas Kesehatan Kabupaten Siak menyampaikan sudah sebanyak 519 warga Kabupaten Siak terkena penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) selama Juli-Agustus 2019 yang sebagian besarnya akibat kabut asap kebakaran hutan dan lahan.

"Penyakit akibat dampak karhutla yang menimbulkan asap hingga 6 Agustus ini ada ISPA sebanyak 124 orang yang tersebar di 14 kecamatan di Siak," kata Kepala Dinas Kesehatan Siak.

Sebelumnya pada Bulan Juli lalu yang terpapar ISPA adalah sebanyak 395 orang sehingga keseluruhannya pada Juli dan Agustus sebanyak 519 orang. Kebakaran lahan yang menimbulkan kabut asap diperkirakan sudah terjadi sejak Juli lalu di Kabupaten Siak.

Baca juga: Polda Riau periksa mahasiswa bentangkan poster "Polda Jangan Lagi Kongkow dengan Korporasi"

Baca juga: Didemo, Polda Riau pulangkan mahasiswa yang diamankan karena protes Karhutla